PENGARUH PEMBERIAN MEDIA VIDEO INTUBASI TERHADAP KETERAMPILAN PEMASANGAN ENDOTRACHEAL TUBE PADA MAHASISWA KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA

Isi Artikel Utama

Putri Mayang Sari
Ratih Kusuma Dewi
Astika Nur Rohmah

Abstrak

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian media video intubasi terhadap keterampilan pemasangan endotracheal tube pada mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.


Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain pre-experimental dengan pendekatan pretest and posttest one group design tanpa kelompok kontrol. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dengan instrumen berupa lembar observasi. Jumlah populasi 157 mahasiswa Keperawatan Anestesiologi angkatan 2021, responden pada penelitian ini adalah 40 orang. Uji statistic yang digunakan yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test.


Hasil: Berdasarkan Analisis statistik, didapatkan hasil bahwa sebelum diberikan media video mayoritas 35 responden (87,5%) berkategori kurang terampil dan setelah diberikan media video intubasi didapatkan hasil mayoritas 25 responden (62,5%) berkategori terampil. Hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p = 0,000 dimana nilai signifikasi lebih rendah dari 0,05 (sig. 0,000 <0,05) , sehingga dapat diketahui bahwa ho ditolak dan ha diterima.

Rincian Artikel

Bagian

Jurnal Ilmiah Kesehatan

Cara Mengutip

[1]
“PENGARUH PEMBERIAN MEDIA VIDEO INTUBASI TERHADAP KETERAMPILAN PEMASANGAN ENDOTRACHEAL TUBE PADA MAHASISWA KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI UNIVERSITAS ‘AISYIYAH YOGYAKARTA”, JIK, vol. 15, no. 1, pp. 68–78, May 2025, Accessed: Nov. 26, 2025. [Online]. Available: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jik/article/view/9767

Referensi

Anggia Murni, R., Tri Yudono, D., Novitasari Program Studi Keperawatan Anestesiologi, D., Sarjana Terapan, P., Kesehatan, F., Harapan Bangsa, U., Raden Patah No, J., & Tengah, J. (2024). Gambaran Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Dalam Melakukan Prosedur Pemasangan Endotracheal Tube Overview of Anesthesiology Nursing Students’ Knowledge in Performing Endotracheal Tube Installation Procedures. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6, 1897–1904. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP
Ayu, S., Fitria, F., Wahyu, D., Arliny, Y., & Rahem, A. (2020). Hubungan Usia Dengan Pengetahuan Dan Perilaku Penggunaan Suplemen ada Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Farmasi Komunitas, 7, 1. https://doi.org/10.20473/jfk.v7i1.21657
Buana, S., Susanto, A., Sebayang, S. M., Keperawatan, S., Program, A., Kesehatan, F., & Bangsa, U. H. (2024). Gambaran Keterampilan Melakukan Intubasi Endotracheal Tube Berdasarkan General Performance Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas Harapan Bangsa 1-3. 213–219.
Bete, D. E. M. T. (2021). Eefetivitas Penerapan Video Based Learning di Masa Pandemik Covid-19 pada Pembelajaran Penjas di. 5, 51–61. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i1.2911
Eragaan, M. E. P., & Ideo, D. A. N. V. (2021). Pendidikan Kesehatan Tentang Teknik Menyusui Dengan Metode Peragaan Dan Video. 5, 70–74.
Hariyadin, N. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia Pengembangan Keterampilan Dalam Pembelajaran Nasihudin dan Hariyadin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta , Indonesia INFO ARTIKEL Diterima Diterima dalam bentuk review 08 April 2021 Diterima dalam bentuk revisi r. 2(4), 733–743.
Handayani, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Keterampilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Cerita Pendek. 1(3).
kemendikbud. (2020). kemendikbud. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Millizia, A., Sayuti, M., Nendes, T. P., & Rizaldy, M. B. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Postoperative Nausea and Vomiting pada Pasien Anestesi Umum di Rumah Sakit Umum Cut Meutia Aceh Utara. AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 7(2), 13. https://doi.org/10.29103/averrous.v7i2.5391
Mustofa, S., & Veterini, A. S. (2023). Kontrol Edukasi Video Visual Smartfone Berbasis Selfcare Terhadap Kecemasan Dan Tekanan Darah Pasien Endoskopi Dengan Pelayanan Anestesiologi. 5, 190–200.
Pramono, A. (2014). Anestesi. EGC.
Putra, A. P., Millizia, A., & Akbar, M. K. (2022). Manajemen Anestesi Perioperatif. GALENICAL : Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Mahasiswa Malikussaleh, 1(2), 82. https://doi.org/10.29103/jkkmm.v1i2.8098
Rahmawati, A. (2022). Kelebihan Dan Kekurangan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 1–8.
Rosyida, U., Rohmah, A. N., & Murdiyanto, J. (2025). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pada Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Tentang Difficult Airway Management Dengan Anestesi Umum. 14(1), 60–66.
Susianto, A., Pratiwi, H. M., & Simamora, E. K. (2020). Tablet Hisap dan Relaksasi Nafas Dalam untuk Mengurangi Nyeri Tenggorok pada Pasien Post Operasi dengan General Anestesi (GA). 7(2), 409–414.
Sustiyono, A. (2021). Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah dan Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan. Faletehan Health Journal, 8(02), 71–76. https://doi.org/10.33746/fhj.v8i02.241
Sorenggani, A. A. (2024). Hubungan Osce Dan Pengetahuan Intubasi Terhadap Keterampilan Pemasangan Endotracheal Tube Pada Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta.