EDUKASI AUDIOVISUAL STRATEGI MEKANISME KOPING TERHADAP GENERALIZED ANXIETY DISORDER (GAD) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI

Main Article Content

Nia Handayani Vita Purnamasari

Abstract

Tujuan: untuk mengetahui pengaruh edukasi audiovisual strategi mekanisme koping terhadap kejadian Generalized Anxiety Disorder (GAD) pada mahasiswa Keperawatan Anestesiologi.


Metodologi: rancangan penelitian menggunakan metode Pre Experimental Design dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan anestesiologi yang akan menjalani praktik klinik sebanyak 154. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 73 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner GAD-7.


Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori GAD sebelum dilakukan edukasi mayoritas pada tingkat ringan sebanyak 33 responden (45,2%) dan setelah dilakukan edukasi mekanisme koping tingkat GAD mayoritas pada tingkat minimal sebanyak 31 responden (42,5%) dan 31 (42,5%) responden pada tingkat ringan. Terdapat perbedaan yang signifikan GAD pada mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan edukasi mekanisme koping dengan P value 0.00 (P<0.05).


Kesimpulan: kesimpulan penelitian adalah edukasi audiovisual strategi mekanisme koping terhadap Generalized Anxiety Disorder (GAD) pada mahasiswa Keperawatan Anestesiologi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
HandayaniN. and PurnamasariV., “EDUKASI AUDIOVISUAL STRATEGI MEKANISME KOPING TERHADAP GENERALIZED ANXIETY DISORDER (GAD) PADA MAHASISWA KEPERAWATAN ANESTESIOLOGI”, Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 13, no. 2, pp. 63-68, Nov. 2023.
Section
Jurnal Ilmiah Kesehatan

References

Angelin, L., Syenshie, W. V., & Ferlan, P. A. (2021). Tingkat Stres berhubungan dengan Kejadian Generalized Anxiety Disorder (GAD) Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(2), 399–408.
Arini, L. A., & Novikayati, I. (2021). Biblioterapi Untuk Mereduksi Kecemasan Pada Klien General Anxiety Disorder (Gad. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i2.311
Artifasari, A. (2020). Hubungan Stresor Psikososial Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Akademi Keperawatan Batari Toja Watampone Yang Akan Menghadapi Ujian Angkatan 2016. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(1), 69–73. https://doi.org/10.35892/jikd.v15i1.332
Hasibuan, S. M., & Riyandi, T. R. (2019). Pengaruh Tingkat Gejala Kecemasan terhadap Indeks Prestasi Akademik pada Mahasiswa Angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Biomedik (JBM), 11(3), 137–143.
KementrianKesehatanRI. (2020). Dokumen resmi. Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19, 0–115.
Livia Prajogo, S., & Yudiarso, A. (2021). Metaanalisis Efektivitas Acceptance and Commitment Therapy untuk Menangani Gangguan Kecemasan Umum. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 26(1), 85–100. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art5
Soen, C. C., Hardjasasmita, I. M., & Ulitua, A. E. (2022). Generalized Anxiety Disorder: Diagnosis and Treatment. Jurnal Muara Medika Dan Psikologi Klinis, 1(2), 133. https://doi.org/10.24912/jmmpk.v1i2.14865
Wijayanti, G. . S. P. W., & Dinata, K. D. S. (2019). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Secara Audiovisual Terhadap Mekanisme Koping Pasien Chronic Heart Failure (CHF). Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 1(1), 73. https://doi.org/10.32807/jkt.v1i1.29
Wulandari, A. (2020). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa keperawatan tingkat ii s1 reguler fakultas ilmu keperawatan universitas muhammadiyah jakarta dalam menghadapi praktik klinik di rumah sakit. Jurnal Keperawatan, 00.