HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KUALITAS TIDUR PADA REMAJA DALAM TINJAUAN Q.S ARRUM:23

Main Article Content

Yuni Arroh Manita Candra Dewi Rahayu Ari Setyawati Fifi Alviana Ika Purnamasari

Abstract

Game online pada dasarnya ditujukan untuk menghilangkan kepenatan ataupun sekedar melakukan refreshing otak setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Tetapi, pada keyataannya permainan tersebut justru membuat individu menjadi kecanduan. Game online tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga memberikan tantangan yang menarik untuk diselesaikan sehingga individu bermain game online tanpa mempertimbangkan dan memperhitungkan waktu demi mencapai kepuasan. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik yaitu suatu penelitian yang mendesain pengumpulan datanya dilakukan pada satu titik waktu. Berdasarkan umur remaja, paling banyak berumur 14 tahun yaitu 127 responden (76%). Berdasarkan jenis kelamin remaja, paling banyak adalah laki-laki yaitu 110 responden (65,9%). Durasi bermain game online pada remaja dilihat dari 167 responden berada pada tingkat sedang yaitu antara 3-7 jam dalam sehari. Kualitas tidur dari 167 responden mempunyai nilai rata-rata 72,9 yang berarti sebagian besar remaja mengalami gangguan kualitas tidur. Terdapat hubungan durasi bermain game online dengan kualitas tidur pada remaja dalam tinjauan Q.S Arrum:23 dengan menggunakan uji statistik Spearman dan didapatkan nilai p value=0,000 atau p value<0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
ManitaY., RahayuC., SetyawatiA., AlvianaF., and PurnamasariI., “HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN KUALITAS TIDUR PADA REMAJA DALAM TINJAUAN Q.S ARRUM:23”, Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 13, no. 2, pp. 47-55, Nov. 2023.
Section
Jurnal Ilmiah Kesehatan

References

Darwis, M., Amri, K.., Reymond, H. (2020). Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) Dampak Dari Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Usia 15-18 Tahun Di Kelurahan Kayuombun (Vol. 5, Issue 2).
Dwinta, E., Iman Sari, L., Wayu Puspasari, M., Dwinta P. (2020). Karakteristik Dan Status Ketergantungan Perokok Aktif Terhadap Nikotin Di Kota Yogyakarta. Journal (Indonesian Pharmacy and Natural Medicine Journal) ISSN, 4(2), 21–33.
Dwinta, E., Iman Sari, L., Wayu Puspasari, M., Dwinta Program Studi Sarjana Farmasi, E., Ilmu-Ilmu Kesehatan, F., & Alma Ata, U. (2020). Karakteristik Dan Status Ketergantungan Perokok Aktif Terhadap Nikotin Di Kota Yogyakarta. Journal (Indonesian Pharmacy and Natural Medicine Journal) ISSN, 4(2), 21–33.
Hasnah, H., Azis, N. N., & Azis, A. (2021). Pengaruh Pola Tidur Pemain Game Online (Gamers) Terhadap Gambaran Nilai Hematokrit. Jurnal Medika, 6(2).
Idris Handriana, I. H., Wati, E., & Amelia, D. (2021). Hubungan Kebiasaan Bermain Game Online dengan Pola Tidur pada Remaja di Desa Baturuyuk Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka tahun 2021. Jurnal Kampus STIKES YPIB Majalengka, 9(2).
Irfan, I., Aswar, A., & Erviana, E. (2020). Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di Sma Negeri 2 Majene. Journal of Islamic Nursing, 5(2), 95.
Ismi, N. (2020). Dampak Game online terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. In Journal of Civic Education (Vol. 3, Issue 1).
Kementrian Agama RI. (2021). Al-Qur'an dan Tafsirnya (edisi yang disempurnakan). Vol.7, h.485
Keswara, R., U., Syuhada, N., Tri Wahyudi, W., & Keperawatan Malahayati Bandar Lampung, A. (2019). Perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja (Vol. 13, Issue 3).
Matur, P., Y., Simon, M. G., Ndorang, T. A., Ruteng, P., Yani, J. J. A., & Flores, R. (2021). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Sma Negeri Di Kota Ruteng. In 55 JWK (Vol. 6, Issue 2).
Miswanto. (2020). Kecanduan Game Online Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Laki dan Perempuan.
Najih. (2021). Tafsir Al-Qur'an Arrum:23 Tafsir Kemenag. Jakarta:Redaksi Tafsir Al-Qur'an.
Pratama, D., & Puspita Sari, Y. (2021). Karakteristik Perkembangan Remaja. In Edukasimu.org (Vol. 1, Issue 3).
Umam, K., Muhid, A.. (2020). Sisi negatif gameonline perspektifislam dan psikologi islam.
Yanti, N. F., Marjohan, M., & Sarfika, R. (2019). Tingkat Adiksi Game Online Siswa SMPN 13 Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 684.