PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)

Main Article Content

Supriyono Supriyono Diah Fitri Purwaningsih

Abstract

Latar Belakang. Perilaku ekstra peran dalam organisasi dikenal dengan istilah organizational citizenship behavior (OCB), dan orang yang menampilkan perilaku ekstra peran disebut dengan karyawan yang baik (good citizen). Beberapa contoh perilaku yang termasuk dalam perilaku ekstra peran antara lain membantu rekan kerja, sukarela melakukan kegiatan ekstra ditempat kerja, menghindari konflik dengan rekan kerja, melindungi properti/aset organisasi, menghargai semangat serta peraturan yang berlaku di organisasi, menyenangkan ditempat kerja, memberi saran-saran yang membangun di tempat kerja, serta tidak membuang waktu di tempat kerja.


Metode. Penelitian yang dilakukan yaitu deskriptif verifikatif. Penelitan deskriptif verifikatif   yaitu suatu penelitian yang mengkaji hubungan atau tingkat pengaruh antara beberapa variabel yang diduga memiliki korelasi satu dengan yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  karyawan dengan jumlah 35 sampel.


Hasil. Ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformasional dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan tingkat signifikasi t sebesar p= 0,002.  


Simpulan. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB)


Rekomendasi. Diharapkan Pemimpin sebagai penggerak organisasi hendaknya tetap mempertahankan  kepemimpinan transformasional


Kata Kunci. Kepemimpinan Transformasional,  Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
SupriyonoS. and PurwaningsihD., “PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB)”, Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 9, no. 1, pp. 53-60, May 2018.
Section
Jurnal Ilmiah Kesehatan