TATA LAKSANA KASUS BATUK DAN ATAU KESULITAN BERNAFAS : LITERATURE REVIEW

Main Article Content

Ari Seyawati Marwiati Marwiati

Abstract

Latar belakang : Pneumonia merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang banyak menyebabkan kematian pada  anak di Indonesia. Gejala yang muncul pada anak biasanya seperti batuk dan napas cepat disertai adanya tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam.


Tujuan : Mengetahui tatalaksana pada kasus batuk dan atau sukar bernapas khususnya peumonia pada anak.


Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review.


Hasil : Penyebab pneumonia yang didapatkan di komunitas/ community-acquired pneumonia (CAP) pada anak dengan usia kurang dari dua tahun adalah infeksi virus. Perpaduan antara infeksi virus dan bakteri adalah etiologi dari 30-50% anak yang terinfeksi CAP. Bakteri yang paling sering menjadi penyebab utama dari pneumonia adalah Streptococcus pneumoniae


Kesimpulan : Penatalaksanaan utama pneumonia adalah dengan menggunakan antibiotik. Antibiotik yang direkomendasikan berdasarkan WHO (2008). Alternatif lain menggunakan penicillin yang lebih murah dari amoxicilin dan cefuroxime yang diberikan secara intra vena.


 


Keywords : anak, pneumonia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
SeyawatiA. and MarwiatiM., “TATA LAKSANA KASUS BATUK DAN ATAU KESULITAN BERNAFAS : LITERATURE REVIEW”, Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 9, no. 1, pp. 30-52, May 2018.
Section
Jurnal Ilmiah Kesehatan