STRATEGIC LEADERSHIP KEPALA RUANGAN DALAM PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN OLEH PERAWAT PELAKSANA DI RSUD UNDATA PALU

Main Article Content

Freny R Mbaloto

Abstract

Keselamatan pasien merupakan masalah yang penting dalam sistem pelayanan kesehatan yang perlu untuk diperhatikan, karena keselamatan pasien merupakan komponen dan dasar dari semua aspek pelayanan kesehatan yang berkualitas. Kepemimpinan dan budaya yang terbuka dan adil akan dapat membangun kesadaran akan nilai keselamatan.


Penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 157 orang yang diperoleh melalui penggunaan teknik sampling probabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis univariat.


Hasil penelitian  menunjukkan bahwa proporsi strategic leadership kepala ruangan sebagian besar baik. Perlunya kepemimpinan strategik untuk dapat menerapkan budaya keselamatan pasien agar program keselamatan pasien dapat tercapai dengan baik.


Manajemen Rumah Sakit perlu memperhatikan pola rekrutmen/pengangkatan kepala ruangan, untuk menambahkan persyaratan telah mengikuti pelatihan kepemimpinan dan manajemen keperawatan


 


Kata kunci: Strategic leadership, budaya keselamatan pasien

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
MbalotoF., “STRATEGIC LEADERSHIP KEPALA RUANGAN DALAM PENERAPAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN OLEH PERAWAT PELAKSANA DI RSUD UNDATA PALU”, Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 9, no. 1, pp. 10-16, May 2018.
Section
Jurnal Ilmiah Kesehatan