ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT

Main Article Content

Mutmainnah HS

Abstract

Latarbelakang Pelaksaan informasi Rumah Sakit bertujuan menganalisis penyelenggaraan SIRS yaitu kebijakan pelaksanaan SIRS, ketersediaan fasilitas/sarana, ketenagaan, sumber biaya/dana, proses pengumpulan data SIRS, proses pengolahan data SIRS, proses penyajian infformasi rumah sakit, dan proses pemanfaatan informasi rumah sakit.


Metode Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap 14 informan, observasi dan telaah dokumen. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.


Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pengumpulan data SIRS dilakukan pada seluruh unit rawat jalan dan rawat inap dengan menggunakan formulir sensus harian pasien. Pengisian sensus harian ini bersumber dari Register Pelayanan rawat jalan dan rawat Inap. Dalam pengolahan data, petugas melakukan koreksi data sehingga tidak ditemukan adanya data yang tidak akurat, kurang lengkap dan duplikasi data. Jenis laporan yang dibuat ada 13 laporan yang diwajibkan oleh Depkes.


Simpulan Proses penyajian informasi dilakukan dengan system komputerisasi dan system online sehingga informasi akan selalu ter-update.


Rekomendasi Diharapkan melalui Proses pemanfaatan informasi ada sehingga ketersediaan informasi juga ada, meskipun sebenarnya dibutuhkan oleh pihak manajemen sebagai pengambil keputusan.


Kata kunci : Sitem Informasi Rumah Sakit

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
HSM., “ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT”, Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 9, no. 1, pp. 1-9, May 2018.
Section
Jurnal Ilmiah Kesehatan