PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA TERHADAP PENGEMBANGAN TERMINAL PENUMPANG PELABUHAN YOS SUDARSO DI TUAL MALUKU TENGGARA

  • Yunita Fajar Sari Larundi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Febby Rahmatullah Masruchin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords:
Terminal Penumpang, Pelabuhan Yos Sudarso, Arsitektur Metafora

Abstract

Tujuan adanya penelitian ini dilakukan agar bisa menerapkan suatu pendekatan arsitektur metafora dimana dalam pengembangan yang akan diadakan untuk terminal penumpang pelabuhan Yos Sudarso di Tual, tepatnya di daerah Maluku Tenggara dalam terminal penumpang ini merupakan suatu elemen penting bagi bangunan infrastruktur untuk kendaraan transportasi laut yang dimana memiliki peranan krusial terendiri didalam memberikan adanya pengalaman penggunaan secara baik dan efesien.

Didalam adanya penerapan menggunakan pendekatan arsitektur metafora ini agar bisa membuat adanya suatu penciptaan lingkungan fisik yang memiliki pemanfaatan didalam konsep metaforisnya agar memiliki peningkatan kualitas dan juga pengalaman bagi para pengguna yang ada di dalam terminal penumoang. Adanya penggunaan dalam pemilihan konsep metafora ini sudah memiliki pertimbangan dalam karakteristiknya yang nanti akan digunakan dan diterapkan kedalam kebutuhan fungsi dan kebutuhan terminal penumpang.

Penelitian ini akan menggunaan metodologi penelitian secara deskriptif kualitatif yang akan melibatkan adanya tahapan untuk pengumpulan data dan juga informasi sebagai sumber hasil penelitian. Dimana akan mengumpulkan informasi berupa karakteristik local, menganalisis suatu kebutuhan pengguna, mengidentifikasi metafora yang relevan. Konsepan metafora yang nantinya akan diimplemnetasikan ini akan diterapkan dalam perancangan fisik terminal penumpang, tata letak , penggunaan material dan juga adanya penerapan dalam elemen visualnya.

Sehingga nantinya hasil yang akan dikemukakan merupakan pengembangan terminal penumpang yang akan lebih inovatif dan juga akan dapat memebrikan orientasi terhadap pengguna. Dengan menggunakan konsep metafora ini nantinya menghasilkan lingkungan yang dapat memadukan fungsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrachman, Paramita R, Bunga Angin Portugis di Indonesia: Jejak-Jejak Kebudayaan Portugis di Indonesia, LIPI Press bekerjasam dengan Asosiasi Persahabatan dan Kerja Sama Indonesia-Portugal da Yayasan Obor Indonesia, Jakarta 2008.
Anonimus, SNI 03 – 7046 – 2004, Terminal Penumpang Bandar Udara, Badan Standarnisasi Nasional, Jakarta: 2004
Hi. M.M.Tamher, Sekilas Sejarah Lahirnya Kota Tual: Catatan Tangan Walikota Tual.
imanto, Mouris. 2013. Metafora dalam Arsitektur. [Online],
Nirwansyah, R; Bidari, A S. 2016. Penerapan Metafora Paramadiwa pada Perancangan Pusat Kesenian Jawa Timur “Paramadiwa” Surabaya.
Pattikayhatu.J.A, dkk, Sejarah Pemerintahan Adat di Kepulauan Kei Maluku Tenggara, Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku, Ambon 199
Rumahlia. 2018. Konsep Metafora Dalam Arsitektur Menurut Para Ahli. Diakses 27 May 2018 Pukul 20.37, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 61 tahun 2009 tentang Kepelabuhan
Zeisel, John.1984. Inquiry by Design, Tools for Environment Behavior Research. Cambridge University Press.
Published
2023-06-30
How to Cite
LarundiY., & MasruchinF. (2023, June 30). PENDEKATAN ARSITEKTUR METAFORA TERHADAP PENGEMBANGAN TERMINAL PENUMPANG PELABUHAN YOS SUDARSO DI TUAL MALUKU TENGGARA. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 13(1), 97-104. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jiars.v13i1.4546
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 205 times
PDF downloaded = 200 times