PENERAPAN ARSITEKTUR PERMAKULTUR PADA POLA LANSEKAP TAMAN WISATA PERTANIAN HORTIKULTURA INTAN ABATANI DI MOJOKERTO

  • Intan Nuhita Ardia Sutrisno Mahasiswa
  • Febby Rahmatullah Masruchin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords:
Pertanian hortikultura, taman wisata, permakultur

Abstract

Di Kabupaten Mojokerto, sebagian besar wilayahnya merupakan lahan pertanian. Masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai petani. Namun, hingga saat ini masih banyak ditemukan petani yang mengalami gagal panen. Hal tersebut dikarenakan, kurangya pengetahuan tentang budidaya yang benar serta pengobatan tanaman atas serangan hama, atau cara mengatasi karena cuaca yang tidak menentu. Oleh karenanya, perlu adanya suatu fasilitas untuk mengedukasi masyarakat tentang cara pertanian yang terintegrasi. Sesuai dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) kabupaten Mojokerto, yang telah ditetapkan suatu prioritas pengembangan sektor pertanian dan peternakan yang dikemas dalam suatu sektor pariwisata. Hal tersebut dapat diterapkan pada salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Mojokerto, yaitu “Taman Wisata Intan Abatani”, taman wisata tersebut merupakan tempat wisata yang mengutamakan fungsi edukasi pertanian yang terintegrasi. Perlu tindakan untuk mengembangkannya guna memberikan fasilitas yang memadahi sebagai tempat edukasi pertanian terintegrasi. Lansekap dengan tatanan pola yang tepat dapat membuat suatu produksi pertanian berintegrasi dengan baik, sehingga akan menjadikan suatu pertanian yang berkelanjutan. Penerapan konsep permakultur akan membuat suatu desain untuk lingkungan dengan menerapkan pengembangan arsitektur yang berkelanjutan serta sistem pertanian swadaya berdasarkan ekosistem alam. Metode yang digunakan melalui literatur,  survei, pengumpulan data eksisting, dan wawancara. Yang menghasilkan suatu desain tatanan pada pola lansekap wisata pertanian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, I. S., Sarwoprasodjo, S., Suradisastra, K., Purnaningsih, D. N., Anugrah1, I. S., Sarwoprasodjo2, S., & Purnaningsih2, D. N. (n.d.). Integrated Agriculture System (Simantri): Its Concept, Implementation, and Role in Agricultural Development in Bali Province.
Majid, Alwan Sulthon. Perancangan urban farming center di Kota Surabaya dengan pendekatan permakultur. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2021.
Nelwan, Richard A., Windy Mononimbar, and M. T. Suryono. Pusat Penelitian Dan Pengembangan Florikultura Di Tomohon (Permaculture in Architecture). Diss. Sam Ratulangi University, 2016.
Perancangan, P., Penelitian, P., Pengembangan, D., Lahan, P., Putryana, O., & Nugroho, S. (2020). Penerapan Konsep Permaculture. In Juli (Issue 2).
https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/index
Perancangan, P., Penelitian, P., Pengembangan, D., Lahan, P., Putryana, O., & Nugroho, S. (2020). Penerapan Konsep Permaculture. In Juli (Issue 2).
https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/senthong/index
Permatasari, B. R., Pendidikan, K.,
Kebudayaan, D., Brawijaya, U., & Teknik, F. (N.D.). Konsep Permakultur Di Kawasan Pantai Sine Tulungagung Studi Kasus: Penerapan Konsep Permakultur Pada Konsep Desain Eco-Resort Jurnal Ilmiah.

Richard Nelwan, A. A., & Mononimbar, W.
(N.D.). Pusat Penelitian Dan Pengembangan Florikultura Di Tomohon (Permaculture In Architecture)

Riza, C., Wahongan, S., Anthon, I. J.,
Sondakh, R., Warouw, F., Eng, S. M., Abstrak, P., & Kunci, K. (N.D.). Agrowisata Hortikultura Di Minahasa Tenggara
(Arsitektur Ekologis Dengan Pendekatan Konsep Permakultur).

Septiyagi, Yuda. "Penerapan Arsitektur Permakultur pada Perancangan Hotel Resor Permatecture Lembang." Repository Tugas Akhir Prodi Arsitektur Itenas 4.10 (2019).

Siswati, L., & Nizar, R. (2012). Model Pertanian Terpadu Tanaman Hortikultura dan Ternak Sapi untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Integrated Farming System for Horticulture and Beef Cattle to Improve Farmer Income. Jurnal Peternakan Indonesia, Juni, 14(2).

Stefanus, N., & Sutanto, A. (2021).
Arsitektur Panggung Dan Permakultur Dekat Kampung Marlina. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 3(1), 689. https://doi.org/10.24912/stupa.v3i1.10898
Published
2023-06-30
How to Cite
SutrisnoI. N., & MasruchinF. (2023, June 30). PENERAPAN ARSITEKTUR PERMAKULTUR PADA POLA LANSEKAP TAMAN WISATA PERTANIAN HORTIKULTURA INTAN ABATANI DI MOJOKERTO. Jurnal Ilmiah Arsitektur, 13(1), 88-96. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/jiars.v13i1.4539
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 561 times
PDF downloaded = 328 times