Peran Media Sosial, Kepercayaan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di PT Mangga Raya Makmur
Abstract
Perkembangan teknologi informasi di era digital telah membawa perubahan besar dalam interaksi antara perusahaan dan pelanggan, khususnya melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Mangga Raya Makmur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah populasi terdiri dari 189 pelanggan dan sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan diperoleh sebanyak 128 responden yang dipilih secara non-probability sampling. Teknik analisis data meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian melalui uji t telah menunjukkan bahwa secara parsial media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan dari uji F semakin memperkuat temuan yang menunjukkan bahwa media sosial, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Mangga Raya Makmur.
Downloads
References
Ayu Armaya, A., Syafitri Yasmin, A., Agustina, D., & Nurbaiti, N. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Komunitas Virtual. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 829–834.
Ilat, I. P., Tapada, J., Durandt, C., & Koyongian, F. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(10), 830–837.
Inovasi, J., Pendidikan, P., & Vol, P. (2024). Recolecta - 2020 - Unknown - 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1. 4(2), 361–366.
Kristia Silvi, D., & Palupi Prabandari, S. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Minat Beli. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 3(1), 188–195.
Kurniawan, R., & Kunci, K. (2022). Analisis Pengaruh Kepuasan , Kualitas layanan , Dan Nilai Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Restoran Seafood Di Kota Batam. 5(2), 1479–1489.
Kusumawardhani, T. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Shopee. 9(6), 2598–2605.
Lavanya, S., Sonata, P., & Astuti, B. (2023). Pengaruh Interaksi Media Sosial terhadap Niat Beli dan Keterlibatan Perilaku: Faktor Sumber dan Konten Sebagai Peran Mediasi. 02(01), 250–267.
Lorensia, S., & Ningrum, N. K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Gojek di Yogyakarta. 7(2), 816–825. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i2.934
Lubis, M. D. P., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kemudahan , Keamanan , dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Konsumen. Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 209–218. https://doi.org/10.30812/target.v5i2.3021
Mansur, M. J., & Evyanto, W. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Lazada Di Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 7(1), 579–591.
Noviasari, H. (2023). Selfitri. 02(4), 1039–1047.
Padmawati, K. A., & Susila, G. P. A. J. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Jasa J&T Express Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Manajemen, 8(3), 565–573.
Purba, F. R., & Paramita, E. L. (2021). The Influence of eWOM and Customer Satisfaction on Purchasing Decisions. International Journal of Social Science and Business, 5(4), 578. https://doi.org/10.23887/ijssb.v5i4.40447
Rahmawati, D. N., Kartanegara, U. K., Kartanegara, K. K., Experience, C., Satisfaction, C., & Bonds, C. (2023). Pengaruh Customer Intimacy , Customer Experience , Customer Satisfaction , Dan Customer Bonding Terhadap Loyalitas. 23(1).
Ramadhani, M., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kepuasan Konsumen dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Mineral Merek Aqua. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 200–214. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/view/2235
Ramadhany, A., & Supriyono, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada AP Garage (Bengkel Cat & Custom). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 199. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.511
Rasyad, M., Saraan, G., Arwansyah, O. K. D., & Fatmawati, E. (2025). Economics , Business and Management Science Journal Peran Media Sosial dalam Strategi Komunikasi Pemasaran : Analisis Efektivitas dan Implementasi The Role of Social Media in Marketing Communication Strategies : Effectiveness and Implementation Analysis. 5(1), 147–155. https://doi.org/10.34007/ebmsj.v5i1.13
Ridhayana, M., Ayuni, R. D., Wafa, M. A., Ilmu, F., Politik, I., Islam, U., Muhammad, K., & Al, A. (2025). 8(3), 1522–1532. https://doi.org/10.56338/jks.v8i3.7144
Safira, J. A. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Komunitas Online Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Skintific : Peran Mediasi Keterlibatan Konsumen dan Hubungan Pengguna Merek. 11(3).
Samara, A., & Metta, S. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma. Jura : Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 249–260. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JURA/article/download/700/659
Saputra, A., & Putri, S. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pixy Two Way Cake di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 23(2), 60–71. https://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/jemi/article/view/141
Sihotang, N. S., Laoh, E. O. H., Kaunang, R., & Ratulangi, U. S. (2022). Pengaruh promosi media sosial,. 9(2), 477–490.
Sucihati, S., & Suhartini, S. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Di Pt. Asuransi Ramayana Serang. Jurnal Manajemen Perusahaan: JUMPA, 1, 14–22. https://doi.org/10.30656/jumpa.v1i1.4563
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). In CV Alfabeta. CV Alfabeta.
Tambunan, D., & Wahyuni, S. (2024). Pengaruh Media Sosial Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Reputasi Perusahaan Dan Keputusan Pembelian Sebagai Variable Intervening Pada Pt Tci Consulting. 7, 4964–4975.
Waoma, C. Y., & Hikmah, H. (2024). Pengaruh Kepercayaan, Daya Tarik Dan Privasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel Cardinal Lucky Star Batam. Postgraduate Management Journal, 4(1), 195-203.