Peran Perilaku Perpindahan Merek Dalam Memoderasi Hubungan Persepsi Harga, Varian Menu dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Minuman Yotta di Kota Palu
Perpindahan Merek, Harga, Varian Menu, Kualitas Produk, Pembelian Ulang
Abstract
Penelitian ini penting dilakukan karena minuman Yotta di Kota Palu menghadapi tantangan dalam meningkatkan minat beli ulang, sehingga diperlukan pemahaman tentang bagaimana faktor persepsi harga, varian menu, dan kualitas produk memengaruhi perilaku perpindahan merek. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan peran perilaku perpindahan merek dalam memoderasi hubungan persepsi harga, varian menu, dan kualitas produk terhadap minat beli ulang minuman Yotta di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Yotta di Kota Palu, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu konsumen Yotta yang telah melakukan pembelian minimal sebanyak dua kali. Teknik analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi Smart PLS 4.0. Hasil dalam penelitian ini variabel persepsi harga dan kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli ulang. Namun, varian menu tidak memengaruhi minat beli ulang. Tetapi, perilaku perpindahan merek memoderasi hubungan antara persepsi harga terhadap minat beli ulang. Sedangkan perilaku perpindahan merek tidak memoderasi hubungan antara varian menu terhadap minat beli ulang. Perilaku perpindahan merek memoderasi hubungan antara kualitas produk terhadap minat beli ulang.
Downloads
References
Adam, R. P., Suardi, & Lahay, M. (2023). Pricing strategy and marketing distribution channels on customer satisfaction and purchasing decision for green products. Uncertain Supply Chain Management, 11(4), 1467–1476. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.7.022
Andriani, L. P., Murdiyanto, E., & Mahaputra, A. P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kemasan, Dan Variasi Menu Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UMKM Sambel Pawon Mbah Tun Di Kota Kediri. 5(5), 1–10. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359
Anisa, N. A. (2015). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Perilaku Beralih Merek (Brand Switching) Ke Kartu Perdana Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(2), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%25p
Arinastuti, & Safitri, D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk , Harga dan Promosi Terhadap Perpindahan Merek Sabun Mandi Lifebuoy pada Ibu Rumah Tangga di Desa Purwokerto Lor Kabupaten Banyumas. Jurnal Manajemen, 18(April), 20–27. https://mimb.unwiku.ac.id/index.php/mimb/article/view/117
Bachri, S., Putra, S. M., Farid, E. S., Darman, & Mayapada, A. G. (2023). the Digital Marketing To Influence Customer Satisfaction Mediated By Purchase Decision. Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(3), 578–592. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2023.021.03.03
Ferdinand, A. T., & Wahyuningsih, W. (2018). Salespeople’s innovativeness: A driver of sales performance. Management and Marketing, 13(2), 966–984. https://doi.org/10.2478/mmcks-2018-0016
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (Edisi 2). Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gio, P. U. (2022). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (Pls-Sem) Dengan Software Smartpls. Uwais Inspirasi Indonesia.
Herawati, A. D., Arief, M. Y., & Fandiyanto, R. (2023). Pengaruh Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Seafood Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(7), 1434–1451. https://doi.org/10.36841/jme.v2i7.3557
Ibrahim, A. I., Setiawan, M., Noermijati, & Rahayu, M. (2024). Hr Innovation in Mediating Entrepreneurial Motivation in Improving the Competitive Ability of Palu Fried Onions Msmes. Business, Management and Economics Engineering, 22(1), 77–95. https://doi.org/10.3846/bmee.2024.19933
Laela, E. (2021). Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Pada Rumah Makan Purwakarta. E – Jurnal Riset Manajemen, 8(3), 130–139. https://doi.org/10.34308/eqien.v8i1.205
Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374
Muhtarom, A., Syairozi, I., & Wardani, N. D. (2022). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 743–755. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.628
Mustika, M. A. C., Suwarni, E., & Anggarini, D. R. (2023). Pengaruh Customer Experience Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mixue Ice Cream and Tea Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Strategy of Management & Accounting through Research & Technology, 1 (2)(2), 35–46. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/smart.v2i2.3286
Muzakir, Bachri, S., Adam, R. P., & Wahyuningsih. (2021). The analysis of forming dimensions of e-service quality for online travel services. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 239–244. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.6.010
Ningrum, Y. C., & Hayuningtias, K. A. (2022). The Influence of Product Quality, Social Media Marketing, and Brand Ambassador on Online Buying Decisions. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 316–324. https://doi.org/10.36555/almana.v6i2.1892
Nugrahaeni, M., Guspul, A., & Hermawan, H. (2021). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 230. https://doi.org/10.12928/fokus.v11i2.4651
Nuromavita, I., & Soliha, E. (2016). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Perpindahan Merek Sepeda Motor Yamaha Ke Honda. 4(June), 681–691. https://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/5347
Pasaribu, F., Bulan, T. R. N., Muzakir, & Pratama, K. (2021). Impact of strategic leadership and organizational innovation on the strategic management: Mediational role of it capability. Polish Journal of Management Studies, 24(2), 354–369. https://doi.org/10.17512/pjms.2021.24.2.22
Peburiyanti, D., & Sabran, S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 20(1), 29–39. https://doi.org/10.53640/jemi.v20i1.771
Praja, Y. (2022). Pengaruh Iklan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Kapal di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 31–41. https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7568
Purnawarman, A. F., Hermani, A., & Pradhanawati, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Suasana Cafe terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Cafe Portobello Sumurboto Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 109–117. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33523
Putri, E. H. L., Sulhaini, & Mulyono, L. E. H. (2023). Pengaruh Brand Experience, Cita Rasa, Dan Variasi Menu Terhadap Minat Beli Ulang Di Kedai Serabi Bandung. Jmm Unram - Master of Management Journal, 12(3), 319–331. https://doi.org/10.29303/jmm.v12i3.792
Rahmi, D. Y. (2022). Analisis Data Keperilakuan Menggunakan Partial Least Square-Structural Equational Modelling (Pls-Sem). PT Rajagrafindo Persada.
Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi …, 4(3), 1651–1667. http://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/view/1004%0Ahttps://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue/article/download/1004/766
Rasmana, F. A. S., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 114–122. https://doi.org/10.32832/manager.v3i1.3839
Rombe, E., & Hadi, S. (2022). The impact of supply chain capability and supply chain performance on marketing performance of retail sectors. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 593–600. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.11.005
Safitri, A. N. (2021). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212
Safitri, R., Indrawati, H., & Isjoni, M. Y. R. (2024). The Effect Of Brand Image And Product Quality On Mixue Repurchase Intention. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 6011–6023. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Scortionda, G., Sari, D. K., & Besra, E. (2023). Perilaku Brand Switching Konsumen Yang Berlangganan Disney Plus Hotstar Di Kota Padang. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(1), 33. https://doi.org/10.35906/equili.v12i1.1358
Sera, P., & Manggu, B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Produk Jamur Tiram Di SMK Negeri 1 Samalantan. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 2(3), 207–220. https://doi.org/10.56444/transformasi.v2i3.975
Siaputra, H. (2024). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang pada Restoran XYZ Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.9744/jmp.10.1.13-23
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet.
Suparman, S., Muzakir, M., Wahyuningsih, W., Tope, P., & Ponirin, P. (2023). Promoting tourism governance and supply chain management in the competitiveness of tourism sector. Uncertain Supply Chain Management, 11(3), 1247–1256. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.3.023
Syamsuddin, Saharuddin, Yusrizal, Dharmawati, T., Pujisari, Y., & Fatmawati, E. (2024). Utilizing Blockchain Technology in Global Supply Chain Management: An Exploration of Scalable Information Systems. EAI Endorsed Transactions on Scalable Information Systems, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.4108/eetsis.4374
Vikaliana, R., Pujianto, A., Mulyati, A., Fika, R., Ronaldo, R., Reza, H. K., Ngii, E., Dwikotjo, F., Suharni, & Ulfa, L. (2022). Ragam Penelitian Dengan SPSS. Tahta Media Group.
Wahyuningsih, Nasution, H., Roostika, R., & Yeni, Y. H. (2022). an Examination of Customer Satisfaction Toward Online Food Shopping During Covid-19 Pandemic. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 231–241. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.02.02
Wahyuningsih, Nasution, H., Yeni, Y. H., & Roostika, R. (2022a). A comparative study of generations X, Y, Z in food purchasing behavior: the relationships among customer value, satisfaction, and Ewom. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2105585
Wahyuningsih, W. (2013). Customer Value, Satisfaction and Behavioral Intentions: the Effects of Consumer Search Behavior. ASEAN Marketing Journal, 3(1). https://doi.org/10.21002/amj.v3i1.2011
Wahyuningsih, W., Nasution, H., Yeni, Y. H., & Roostika, R. (2022b). The Drivers of Repurchase Intention During The Corona Pandemic: An Examination of Gender Difference. Asean Marketing Journal, 14(1). https://doi.org/10.21002/amj.v14i1.1149
Wati, N. S., & Charisma, D. (2023). Repurchase Interest Using Shopeefood as an Impact of Online Customer Reviews and Promotions. Almana : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(3), 593–603. https://doi.org/10.36555/almana.v7i3.2392
Yunus Kasim, M., Muslimin, & Dwijaya, I. K. B. (2022). Market reaction to the Covid-19 pandemic: Events study at stocks listed on LQ45 index. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.2024979
Zahara, Z., Ikhsan, Santi, I. N., & Farid. (2023). Entrepreneurial marketing and marketing performance through digital marketing capabilities of SMEs in post-pandemic recovery. Cogent Business and Management, 10(2). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2204592
Zahara, Z., & Rombe, E. (2017). The effect of tourism product, promotion, and individual characteristics on tourists’ decision. International Journal of Economic Research, 14(12), 167–173.