Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Sidrap Kota Palu Dari Aspek Suasana, Harga, Keragaman Menu dan Waktu Tunggu
Suasana, Harga, Keragaman Menu, Waktu Tunggu, Kepuasan Pelanggan.
Abstract
Industri kuliner semakin berkembang dengan banyaknya pilihan yang membuat pelanggan lebih selektif. Semakin ketatnya persaingan industri kuliner, yang memaksa setiap usaha untuk terus berinovasi menghadapi tantangan dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang terus berkembang. Hal ini membuat Rumah Makan Sidrap perlu memahami faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan, seperti suasana, harga, keragaman menu dan waktu tunggu untuk tetap kompetitif. Penelitian ini penting untuk memberikan wawasan strategis yang dapat meningkatkan layanan dan daya saing di pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa pengaruh suasana, harga, keragaman menu, dan waktu tunggu terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Sidrap Kota Palu. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik purposive sampling dalam pemilihan sampel sebesar 100 responden. Data dianalisis menggunakan metode Regresi Linier Berganda melalui perangkat lunak SPSS. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh secara simultan suasana, harga, keragaman menu, dan waktu tunggu terhadap kepuasan. Serta secara parsial menunjukkan bahwa harga, keragaman menu, dan waktu tunggu memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan suasana tidak memiliki pengaruh. Waktu tunggu ditemukan sebagai faktor paling dominan memengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan efisiensi pelayanan, inovasi dalam menu, serta pengelolaan harga yang kompetitif dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Selanjutnya, diharapkan untuk terus memperhatikan kepuasan pelanggan, terutama waktu pelayanan yang efisien, keragaman menu yang inovatif, dan harga kompetitif. Serta, terus mengevaluasi aspek lainnya, seperti suasana, meskipun dalam penelitian ini tidak ditemukan pengaruh, tetapi berguna menciptakan pengalaman. Dengan mengoptimalkan faktor-faktor tersebut, usaha kuliner dapat meningkatkan kepuasan serta kesetiaan pelanggan.
Downloads
References
Alareeni, B. (2024). Opportunities and Risks in AI for Business Development (I. Elgedawy (ed.); Vol. 2). https://doi.org/10.1007/978-3-031-65207-3
Amir, M., & Santi, I. N. (2024). Pengaruh Suasana Café Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Café Koniciwa Di Kota Palu). 235–245. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/jmwe.v21i2.16117
Anggaraeni, N. M. (2021). Pengaruh Waktu Tunggu, Keramahan Petugas dan Kompetensi Petugas Terhadap Kepuasan Pelanggan UPTD Puskesmas II Negara (Suatu Kaji Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). 1(2), 225–234. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i2.675
Arif, D., & Ekasari, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Harga , dan Suasana. 3(2), 139–146.
Ariningtyas, E., & Rachmawati K, I. A. K. (2020). Menguji Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Wedangan Jimboeng. Excellent, 7(1), 115–123. https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.670
Arkam, M. M. (2020). Pengaruh Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Warkop Suka Kopi Lesehan. Performa, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1293
Bachri, S., Putra, S. M., Farid, E. S., & Darman. (2023). The Digital Marketing To Influence Customer Satisfaction Mediated By Purchase Decision. Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(3), 578–592. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2023.021.03.03
BPS, B. P. S. (2023). Statistik Penyedia Makan Minum 2022. In Badan Pusat Statistik (Vol. 6). https://web-api.bps.go.id/download.php?f=v2SapvXPeEIhDK6L904XlVhEZnk5dDZ0VUNoczBLOEc3Wm5DQ0pFTmIxaW1CdkpJZ3FvZ29FSE1BeEU1MjNTam94MkRaOS9WQXhoZ0JLYTRrV3IwRGF3aklFdVU0YjdPWnZpK0FsYmlaQyt6bjd5b2ZaVEx4bW51UmdlckRDT3ZmUklsdHMwWmplVmFBVmlXYjdOcHN3UW5iYUZIVVFWZl
Ding, C., Zhang, R., & Wu, X. (2023). The impact of product diversity and distribution networks on consumption expansion. Journal of Business Research, 161(263), 113833. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2023.113833
Fadjar, A., Hartini, S., & Astuti, S. W. (2022). Instagram Usage Behavior: Does It Aim to Look More Attractive? Quality - Access to Success, 23(190), 226–232. https://doi.org/10.47750/qas/23.190.24
Indasari, & Bachri, S. (2021). Pengaruh Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mr.Dav Coffee Shop Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 7(1), 030–038. https://doi.org/10.22487/jimut.v7i1.215
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Kapojos, A. L. N., Saerang, D. P. E., & Gunawan, E. M. (2023). The Effect of E-Service Quality and Waiting Time Towards Customer Satisfaction At Pizza Hut Restaurant in Manado Town Square. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 439–449. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51230
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing Eighth Europe Edition. In Pearson education ltd (Issue 8th edition). www.pearson.com/uk
Maradita, F., & Susilawati, M. (2021). Pengaruh Suasana, Kualitas Makanan, dan Persepsi Nilai terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Goa Sumbawa. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i1.206
Marso, & Idris, R. (2022). The Impact of Store Atmosphere on Customer Loyalty through Perceived Quality and Satisfaction : An Evidence from Boutique Industry in Tarakan. 5(2), 186–197. https://doi.org/10.9744/ijbs.5.2.186
Mawardi, A. (2021). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan dan Lokasi Usaha Sebagai Antecedent Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Gemah Ripah Purwakarta. 8(2), 117–121. https://doi.org/https://doi.org/10.34308/eqien.v8i2.239
Novendra H, D., Masykura, I., & Verinita. (2019). The Effect of Store Atmosphere on Revisit Intention that is in Mediation by Customer Satisfaction (Survey on Padang Bioderm Clinic Consumer). International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(4). https://goo.gl/DF9R4u
Nurfatimah, D., Asngadi, A., Miru, S., & Syamsuddin, S. (2024). Pengendalian Proses Produksi Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Pada Usaha Out Of The Box Di Kota Palu. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 2(1), 200–206. https://doi.org/10.61132/jepi.v2i1.363
Pandjo, S. F. K., Kadang, J., & Sastrawan, E. (2023). Inovasi Produk Metode Manual Brew Aero Press Di Re.Kreasi Coffee. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Perhotelan, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jempper.v2i2.1398
Pasaribu, F., Pratama, K., & Yuliaty, T. (2022). Impact of the University Creative Management on the Students Enterprising Performance. 25(2), 234–246. https://doi.org/10.17512/pjms.2022.25.2.15
Pratondo, A., & Eviani. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Suasana Terhadap Kepuasan Pelanggan di Asia Restoran. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i5.4253
Rahmaningsih, T. I., & Srihandayani, C. M. (2023). Pengaruh Keragaman Menu, Cita Rasa, Dan Suasana Rumah Makan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Lumbung Raos Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 1–12.
Riftian, N. M. (2021). Analisa Pengaruh Keragaman Menu, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Usaha Kuliner Manalagi Tropodo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(29), 2461–0593.
Rombe, E., & Hadi, S. (2022). The impact of supply chain capability and supply chain performance on marketing performance of retail sectors. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 593–600. https://doi.org/https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.11.005
Santoso, G. A., & Bernarto, I. (2022). Pengaruh Waktu Tunggu Yang Singkat, Keterjangkauan Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Klinik Gigi Cdc. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1), 68–81. https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i1.39059
Saodah, C., Kadang, J., & Waluyo, M. (2023). Peran Sumber Daya Manusia Dalam Strategi Bisnis. Peran Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Strategi Bauran Pemasaran Aura Bedda Lotong, 1(1), 122–130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30640/jmcbus.v1i2.835
Sari, S. P., Miru, S., Asngadi, A., & Wirastuti, W. (2024). Analisis Value Added Olahan Cokelat Batangan Pada CV . Rapoviaka Simple Di Kota Palu. 1. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jepi.v2i1.366
Sihombing, M. M., Arifin, M. H., & Maryono, M. (2022). Pengaruh Varian Menu, Harga, dan Suasana Cafe, Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Miltie Garden Mulawarman Banjarmasin. Smart Business Journal, 1(1), 26. https://doi.org/10.20527/sbj.v1i1.12787
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sulfianti, S., Mubaraq, R., & Thahir, H. (2020). Pengaruh Citra Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 1(3), 253–260. https://doi.org/10.22487/jimut.v1i3.25
Sumani, S., Awwaliyah, I. N., Suryaningsih, I. B., & Nurdin, D. (2022). Financial Behavior on Financial Satisfaction and Performance of the Indonesian Batik Industry. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(4). https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.06
Suparman, S., & Muzakir, M. (2023). Cogent Economics & Finance Regional inequality , human capital , unemployment , and economic growth in Indonesia : Panel regression approach unemployment , and economic growth in Indonesia : Panel regression approach. Cogent Economics & Finance, 11(2). https://doi.org/10.1080/23322039.2023.2251803
Thahir, H., Hadi, S., Zahra, F., Arif, I., & Rombe, E. (2022). Strengthening effects of managerial innovativeness in promoting sustainable supply chain management in tourism business. Uncertain Supply Chain Management, 10(3), 923–932. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2022.3.002
Ummah, T. R., & Saragih, D. R. U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Promosi , dan Suasana Restoran Terhadap Kepuasan Pelanggan di Sailendra Restaurant. 17(2).
Wahyuningsih, Nasution, H., Roostika, R., & Yulia Hendri Yeni. (2022). An Examination of Customer Satisfaction Toward Online Food Shopping During Covid-19 Pandemic. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(2), 231–241. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.02.02
Wahyuningsih, W. (2021). Customer Value, Satisfaction and Behavioral Intentions: the Effects of Consumer Search Behavior. ASEAN Marketing Journal, 3(1). https://doi.org/10.21002/amj.v3i1.2011
Wahyuningsih, W., Nasution, H., Yeni, Y. H., & Roostika, R. (2022). The Drivers of Repurchase Intention During The Corona Pandemic: An Examination of Gender Difference. Asean Marketing Journal, 14(1). https://doi.org/10.21002/amj.v14i1.1149
Zahara, Z., Muslimin, M., & Buntuang, P. C. D. (2022). The impact of marketing innovations and business plans on business sustainability during the COVID-19 pandemic. Innovative Marketing, 18(3), 121–135. https://doi.org/10.21511/im.18(3).2022.11
Zahara, Z., & Santi, I. N. (2023). Entrepreneurial marketing and marketing performance through digital marketing capabilities of SMEs in post- pandemic recovery performance through digital marketing capabilities of SMEs in post-pandemic recovery. Cogent Business & Management, 10(2). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2204592
Zuraidah, E., Hadiyati, E., & Muawanah, U. (2022). Pengaruh Harga, Penerapan E-Resep Dan Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien, Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 84–104. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.681