Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Melalui Web Wordwall Pada Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keterampilan pemahaman bacaan sangat penting bagi siswa sekolah dasar, yang berfungsi sebagai dasar fundamental bagi semua mata pelajaran. Kekurangan keterampilan ini dapat menghambat pertumbuhan akademis siswa dan memengaruhi kapasitas mereka di masa depan untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan meneliti faktor-faktor yang menyebabkan masalah ini, yang berpotensi menawarkan wawasan berharga bagi para pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan dalam menciptakan intervensi yang lebih efektif lebih jauh lagi, menyelidiki penerapan media pembelajaran Wordwall sebagai pendekatan baru untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan siswa sangat relevan di era digital saat ini. Seiring dengan kemajuan teknologi, menjadi penting untuk menilai dan memanfaatkan perangkat pendidikan yang dapat melibatkan siswa dan meningkatkan partisipasi mereka dalam pengalaman belajar. Penelitian ini tidak hanya menambah evolusi teori pendidikan tetapi juga menyajikan strategi efektif yang dapat diterapkan di dalam kelas, dengan tujuan meningkatkan prestasi siswa secara keseluruhan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kurangnya kemampuan membaca pemahaman pada siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur untuk memahami fenomena kurangnya keterampilan membaca pemahaman pada siswa Sekolah Dasar, serta untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media pembelajaran Wordwall sebagai solusi untuk masalah tersebut. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk menggali data secara mendalam melalui wawancara, observasi studi literatur. Jenis dari penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif, yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi yang ada dan mengeksplorasi solusi potensial yang dapat diterapkan di dalam konteks pendidikan. Hasil analisis data menunjukan bahwa multimedia Word Wall berbasis digital layak digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
Gamayanti, Zeinita. (2019). Wordwall “Solusi untuk Pembelajaran Jarak Jauh yang Lebih Interaktif”. Diakses pada 11 desember 2024 melalui: https://hightechteacher.id/wordwall-solusi-untuk-pembelajaran-jarak-jauh- yang-lebih-interaktif/
Gunarwati, R., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman
Kemendikbud. (2022). Laporan Hasil Pemantauan Kemampuan Membaca Siswa SD. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nadia, D. O. (2022). Pengaruh media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1924-1933.
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.
Paida, A., & Rahmadani, A. (2024). ‘Pengembangan Media Pembelajaran Literasi Word Wall Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VI SDN 7 Pulau Karanrang Kab. Pangkep’. jurnal pemikiran dan pengembangan pembelajaran, 6(2), 1898-1904.
Pane, A. R. (2023). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Web Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Negeri 101776 Sampali TP 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839.
Pramono, I. Z. H., & Mushafanah, Q. (2024). ‘Analisis Penggunaan Media Wordwall Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Supriyadi’. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13358-13367.
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51-62.
Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 4(2), 337-343.
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan media audio visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910-1917.
Sari, E. I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2021). Strategi guru dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik di kelas iv sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 74-82.)
Sawaludin, R. 2024. ‘Pengaruh Pembelajaran Media Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SD Dharm’ Karya UT (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).