Ekspansi Pasar Mixue Ice Cream & Tea melalui Sistem Franchise dalam Memperkuat Supply Chain
Abstract
Mixue Ice Cream & Tea merupakan perusahaan berasal dari Tingkok. Di negara asalnya lebih dikenal dengan nama Mixue Bingchen atau XBMC. Pada tahun 2018 Mixue mulai memperluas jangkauannya di Asia Tenggara seperti di Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Indonesia. Penelitian ini akan menganalisis Ekspansi Pasar Mixue Ice Cream & Tea melalui Sistem Franchise dalam Memperkuat Supply Chain. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (literature study) dimana peniliti melakukan pengumpulan, mempelajari dan mencatat, serta menganalisis beberapa artikel dari penelitian terdahulu dan referensi lainnya tentang Bisnis model franchise dan supply chain management. Data yang digunakan berupa data sekunder yaitu hasil penelitian terdahulu atau penelitian dari artikel, dokumen, sumber pustaka atau sumber-sumber studi literatur yang mendukung penelitian ini. Dari hasil penelitian ini, Mixue yang orang kira sebagai perusahaan ice cream, tetapi kenyataanya merupakan perusahaan Supply Chain. Dimana pada laporan keuangan Mixue periode Januari – maret 2022 sebagian besar pendapatan berasal dari penjualan bahan baku dan kemasan kepada Mitra. Dengan model bisnis franchise, melalui konsep murah dan berkualitas, Mixue dapat menjangkau konsumen ke seluruh dunia secara cepat. Dengan target pasar negara-negara Tier 3, Negara Tier 4 dan Mass Market dengan pendapatan rata-rata menengah sampai ke bawah. Sehingga, pada tahun 2023 Mixue memiliki gerai 21.585 diseluruh dunia.
Downloads
References
Agus, A. (2015). Supply Chain Management: The Influence of SCM on Production Performance and Product Quality. Journal of Economics, Business and Management, 3, 1046–1053. https://doi.org/10.7763/JOEBM.2015.V3.332
Albar, I. (2023). Analisa Strategi Dan Tips Dalam Menentukan Manajemen Rantai Pasok. In Pusdansi.org (Vol. 2, Issue 5).
Alvin, Sagianto, I. T., & Oktalia, A. (2022). Manajemen Rantai Pasok Pada PT. Fastfood Indonesia (KFC) Di Kota Batam Supply Chain Management at PT. Fastfood Indonesia (KFC) In Batam City. Jurnal TUNAS: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3 No 2, 188–192.
Carpenter, M. A., & Sanders, Wm. G. (2009). Strategic management : a dynamic perspective : concepts and cases (2nd ed). Upper Saddle River, N.J. : Pearson Prentice Hall .
Dr. Lukman. (2021). SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (Pertama). Percetakan CV. Cahaya Bintang Gemerlang.
Erceg, A., Kelic, I., & Bilos, A. (2021). Evaluation of franchise system websites: the evidence from Croatia. Engineering Management in Production and Services, 13(1), 27–40. https://doi.org/10.2478/emj-2021-0002
Fitriyani, A., & Diyah. (2017). Analisis Manajemen Strategi Usaha Waralaba dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Minuman Coklat [Sekolah Tinggi Agama isl Negeri Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/441
Ginting, A. B., Aisyah, S., & Zulfita, E. (2022). Analisis Strategi Supply Chain Management Dalam Meningkatkan Operasional Perusahaan (Studi Kasus: PT Unilever Indonesia Tbk). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), Vol. 1, 1950–1956.
Hayati, E. N. (2014). SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) DAN LOGISTIC MANAGEMENT. Jurnal Dinamika Teknik, 8(1), 25–34.
Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2017). Operations Management; Sustainability and Supply Chain Management (S. Wall, Ed.; Edisi 12). Pearson Education.
Husnan, Suad, & Pudjiastuti, E. (2012). Dasar – Dasar Manajemen Keuangan (Edisi Keenam Cet 1). UPP STIM YPKN.
Hutabarat, J., & Husein, M. (2006). Pengantar manajemen strategik : Strategik di tengah operasional. Elek Media Komputindo.
Jabbour, C. J. C., Sobreiro, V. A., JabbourAna Beatriz Lopes de Sous, Lucila Maria de Souza Campos, Enzo Barberio Mariano, & Douglas William Scott Renwick. (2017). An analysis of the literature on humanitarian logistics and supply chain management: paving the way for future studies. Ann Oper Res, 290–230. https://doi.org/10.1007/s10479-017-2536-x
Janitra, E. (2021). EVALUASI AKTIVITAS PENGENDALIAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS SIKLUS PENJUALAN MIXUE ANTAPANI. http://hdl.handle.net/123456789/14798
Jin, M. (2023). Financial Analysis and Development Research of Mixue Ice Cream&Tea. Highlights in Business, Economics and Management , 10, 44–50. https://doi.org/10.54097/hbem.v10i.7926
Kuwornu, J. K. M., Khaipetch, J., Gunawan, E., Bannor, R. K., & Ho, T. D. N. (2023). The adoption of sustainable supply chain management practices on performance and quality assurance of food companies. Sustainable Futures, 5. https://doi.org/10.1016/j.sftr.2022.100103
Mixue Bingcheng Co., Ltd. (2022). Mixue Ice Cream & Tea Since 1997.
MIXUEBINGCHENG Co., Ltd. (2022). 首次公开发行股票.
Muhammad, A. (2010). Hukum Perusahaan Indonesia. PT. Citra Aditya.
Paranoan, N. (2020). Makna Laba Bagi Pelaku Bisnis Waralaba. Jurnal Akuntans, 30(5), 1330–1339.
Pinem, H., Ayu Lumbantoruan, M., Tamara, R., Elise Putriku, A., Susanna Saragih, L., William Iskandar Ps, J. V, Baru, K., Percut Sei Tuan, K., & Deli Serdang, K. (2024). Analisis Strategi McD dalam Memasuki Pasar Global. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ, 2, 80–86. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v2i3.3395
Sun, W. (2022). The Development Status of Netflix Restaurants Before and After the COVID-19 Taking “MIXUE ice cream and tea” as an exam. Academic Journal of Business & Management, 4(3: 95-98), 95–98. https://doi.org/10.25236/AJBM.2022.040317
Talumewo, P. O., Kawet, L., & Pondaag, J. J. (2014). Analisis Rantai Pasok Ketersediaan Bahan Baku di Industri Jasa Makanan Cepat Saji Pada KFC Multimart Ranotama. Jurnal EMBA: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1584–1591.
Tyagi, Pravendra, & Agarwal, G. (2014). Supply chain integration and logistics management among BRICS: a literature review. American Journal of Engineering Research (AJER) e-ISSN.
Valliappan, A. (2022, October 4). Will Mixue overtake McDonald’s as the world’s largest F&B chain? Momentum Works. https://thelowdown.momentum.asia/will-mixue-overtake-mcdonalds-as-the-worlds-largest-fb-chain/