Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Moderasi
Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi, Kemudahan Transaksi, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memahami dampak faktor-faktor seperti kemudahan penggunaan, kualitas informasi, dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian tiket kereta api melalui minat beli. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa FISIP Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang menggunakan aplikasi Access By KAI untuk membeli tiket kereta api. Sebanyak 100 responden dipilih melalui teknik Non Probability Sampling–Purposive Sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan perangkat lunak statistik SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat beli dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kualitas informasi dan kemudahan penggunaan, tetapi tidak dipengaruhi oleh kemudahan transaksi. Kualitas informasi memiliki pengaruh besar dan positif terhadap keputusan pembelian, sementara pengaruh kemudahan bertransaksi tidak begitu signifikan terhadap keputusan pembelian.Secara keseluruhan, minat beli memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudahan penggunaan dan kualitas informasi juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, sementara kemudahan transaksi tidak begitu berpengaruh signifikan dalam proses tersebut.
Downloads
References
Alistriwahyuni N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, dan Fitur Layanan i-Saku Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna i-Saku di Indomaret. J Pendidik Tata Niaga. 07(02):473-478
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet. Survei Internet APJII 2023. (2023). https://survei.apjii.or.id/
Febriyani DA. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Online Pada Mahasiswa Ust Yogyakarta Pengguna Zalora. J Ekobis Dewantara. 1(11):10-19. http://jurnalfe.ustjogja.ac.id/index.php/ekobis/article/view/873
Fitri SY, Susanti F, et al. (2023). Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa STKIP Dan STIE Widyaswara Indonesia. Sammajiva J Penelit Bisnis ;1(2):140-159. http://e-journal.nalanda.ac.id/index php/SAMMAJIVA/arti-cle/view/193
Google Play. (2023). Access by KAI. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kai.kaiticketi-ing&hl=id&gl=US
Indrasari M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Maharama AR, Kholis N. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek Di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. J Ekon dan Bisnis. 19(2):203. doi:10.30659/ekobis.19.2.203-213
Mahar SR, Kustiyah E, et al. (2020). Kepercayaan, Kemudahan Transaksi dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api secara Online (Studi Kasus pada Aplikasi KAI Access). J Penelit dan Kaji Ilm. 18(3):1-7.
Mustaqor A, Winanto S. (2022). Pengaruh Payment Gateway dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Etika Konsumsi Islam Sebagai Variabel Moderasi: Studi Kasus Produk Mukenah Dalanova, Widiping. J Ilm Wahana Pendidik. 7(1):1-7. doi:10.5281/zenodo.6413491.
Nurlinda RA. (2018). Model Purchase Intention Sebagai Intervening Variable dari Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop. Forum Ilm. 15:36-47.
Prabandini RT, Rachmawati I. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli Sociolla. J Manaj dan Bisnis. 18(1):19-28. https://doi.org/10.29313/performa.v17i1.7890
Priadana S, Sunarsi D, (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.
PT Kereta Api Indonesia (Persero). (2023). Soft Launching Access by KAI, KAI Tingkatkan Fitur dan Layanan KAI Access. https://www.kai.id/information/full_news/5693-soft-launching-access-by-kai-kai-tingkatkan-fitur-dan-layanan-kai-access.
Romla S, Ratnawati A. (2018). Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web. J Ekon dan Bisnis. 19(1):59. doi:10.30659/ekobis.19.1.59-70.
Supartono. (2021). Pengaruh Harga, Kemudahan Bertransaksi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Online Di E-Commerce Shopee Pada Masa Pandemi Covid 19. Ikraith-Ekonomika. 5(2):210-218.
Susetyo B, Cahyadi N. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Keamanan Transaksi Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Untuk Membeli Sebagai Variable Intervening. Innov J Soc Sci Res. 3(3):6342-6356. doi:10.31004/innovative.v3i3.2806
Taan H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. e-Journal Ekon Bisnis dan Akunt. (1):89. doi:10.19184/ejeba.v8i1.19502