Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Evaluasi Dosen FASTIKOM UNSIQ
Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Penggunaan, Kepuasan Pengguna
Abstract
Sistem Informasi evaluasi dosen di FASTIKOM UNSIQ yang digunakan untuk memberikan penilaian dan umpan balik terhadap kualitas pengajaran dosen. Fokus penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, dan penggunaan terhadap kepuasan pengguna dalam sistem evaluasi dosen. Kepuasan pengguna dianggap sebagai indikator penting dari efektivitas dan penerimaan sistem informasi. Metodologi penelitian melibatkan metode survei, analisis data, observasi, tinjauan literatur, dan studi kasus. Sampel penelitian terdiri dari 100 mahasiswa yang merupakan pengguna dari sistem evaluasi dosen. Pengujian validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diperoleh valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan penggunaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Semakin baik kualitas sistem, kualitas informasi, dan penggunaan, semakin tinggi tingkat kepuasan pengguna. Selain itu, secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini memberikan wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dalam konteks sistem informasi evaluasi dosen. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan kualitas sistem evaluasi dosen dan meningkatkan manfaatnya bagi pengguna.
Downloads
References
Erick Sorongan, Hilmansyah Hilmansyah, & Hadiyanto Hadiyanto. (2017). Pengaruh Variabel Kualitas Sistem Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Model EUCS. RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi) , 1(3), 23–28.
Hasanah, N., & Artikel, R. (2020). ANALISIS WEBSITE PANDAWA DENGAN METODE WEBQUAL INFO ARTIKEL ABSTRAK. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 7(3), 260–265. http://pandawa.fastikom-unsiq.ac.id
Kinanti, N., Putri1, A., & Dwi, A. (2021). Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. JEISBI, 02. https://siakadu.unesa.ac.id
Nuryanti, Y., Hutagalung, D., Nadeak, M., Abadiyah, S., Novitasari, D., Insan Pembangunan, S., Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan, S., & Tinggi Teknologi Bandung, S. (2021). Understanding the Links between System Quality, Information Quality, Service Quality, and User Satisfaction in the Context of Online Learning. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL AND MANAGEMENT STUDIES (IJOSMAS) . https://www.ijosmas.org
Pawirosumarto, S. (2016). PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM E-LEARNING. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, VI(3). https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/1/articles/1280/submission/original/1280-2881-1-SM.pdf
Prabadewi Apsari, I. A., & Putra Astika, I. B. (2020). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Informasi, dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna SIMDA. E-Jurnal Akuntansi, 30(3), 611. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i03.p05
Wulansari Fridayanthie Program Studi Manajemen Informatika AMIK, E., Tangerang, B., & Letnan Sutopo BSD Serpong Tangerang, J. (2016). ANALISA SISTEM INFORMASI UPLOAD PROMOSI HARGA MENGGUNAKAN SAP TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA PT HERO SUPERMARKET Tbk. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(1).