Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Produk Meco Fruit Tea Pada PT Prima Niaga Indomas

  • Alicia Yvonne Universitas Putera Batam
  • Inda Sukati Universitas Putera Batam
Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

Perkembangan distributor makanan dan minuman di Batam terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat di kota tersebut. Dengan perkembangan di bidang makanan dan minuman yang kini berkembang pesat. Pada era sekarang, banyak konsumen yang menginginkan serba instan tanpa adanya kerepotan. Salah satu jenis minuman yang kini banyak diminati konsumen adalah minuman dalam kemasan karena dengan begitu konsumen tidak merasa repot dalam mengkonsumsinya. Oleh karena itu, strategi kunci untuk meningkatkan daya saing produk industri nasional di pasar global adalah dengan menerapkan teknologi kemasan dan desain kreatif yang sesuai dengan tren pasar dengan memperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan produk Meco Fruit Tea Pada PT Prima Niaga Indomas. Perancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian dan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 119 responden yakni pelanggan yang pernah membeli produk Meco Fruit Tea. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas produk, promosi dan citra merek secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi dan citra merek memengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 69,2 persen, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya Bambang Pamungkas. (2022, October 31). Peluang Dan Tren Industri Kemasan Di Indonesia Khususnya Kemasan Makanan Dan Minuman. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30.
Efendi, N., & Hapsari Lubis, T. W. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Ritel. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 12(1), 21–36.
Farizky, M. I., Thalib, S., & Hendratni, T. W. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Pelanggan Di “What’S Good Coffee’’.” Jimp, 2(2), 92–103.
Gunardi, C. G., & Erdiansyah, R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Prologia, 3(2), 456.
Hernikasari, I., Hapzi Ali, & Hadita, H. (2022). Determinasi Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Analisis Harga Dan Kualitas Produk (Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 437–450.
Julita, S., & Syaifullah. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Ng Tech Supplies Di Kota Batam.
Kepulauan Riau, P. (2022). Laporan Perekonomian.
Maharani, Retno, O., Wijayanto, H., & Abrianto, Hari, T. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk pada Kepuasan Konsumen Dimoderasi Oleh Loyalitas (Study Kasus pada Lipstcik Wardah).
Marpaung, G., & Purba, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Danpromosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sun Bread Batam.
Masfufah, N., & Soebiantoro, U. (2021). Pengaruh citra merek dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Ekonomi Bisnis, 23(4), 765–772.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83.
Noor, F., Utari, W., & Mardi W., N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Produk Pt. Salim Ivomas Pratama Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 581–594.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan KuaLitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. 7.
Santoso, J. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(01), 127–146.
Sapitri, E., Sampurno, & Hayani, I. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak Telon Cussons Baby di DKI Jakarta). Jurnal Mandiri, 4(2), 231–240.
Siregar, M. K. S. (2020). Pengaruh Citra Merk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 1(2), 111–118.
Susiladewi, S. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Café Kupi Datu Banjarbaru. Al-Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 45.
Vera, & Wangdra, Y. (2022). Pengaruh Pelayanan, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Prima Labeling. 5–6.
Published
2024-02-06
How to Cite
YvonneA., & SukatiI. (2024, February 6). Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Produk Meco Fruit Tea Pada PT Prima Niaga Indomas. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 7(1), 21-30. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v7i1.4865
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 105 times
PDF downloaded = 80 times