Peran Keterlibatan Konsumen Guna Pencapaian Brand Love Dengan Mendorong Consumers Engagement

  • Asyifa Chesa Pratiwi Universitas Trisakti
  • Yolanda Masnita Universitas Trisakti
Keywords:
Consumers Engagement, Media Social, Brand Love, Interaksi.

Abstract

Consumers engagement, hubungan antara perusahaan dan konsumen yang memberikan nilai tambah pada setiap interaksi pelanggan. Sayangnya consumers engagement belum digunakan dibanyak peruashaan. Sayangnya, consumers engagement belum di terapkan banyaka perusahan. Karena media sosial hanya  digunakan hanya untuk mempromosikan brand. Makalah ini mengusulkan solusi dimana consumer engagement media social dapat dicapai dapat dicapai berdasarkan postingan tentang interaksi media sosial dengan pelanggan di media sosial. Penelitian ini menggunakan teknik Google form dan online distributed sampling untuk mengetahui peran konsumen di media sosial dalam mencapai brand love konsumen. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada brand untuk membantu pencapaian brand love, khususnya menerapkan customers participation untuk membantu mendorong consumers engagement di terima dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

De Vries, L., Gensler, S., & Leeflang, P. S. H. (2012). Popularity of Brand Posts on Brand Fan Pages: An Investigation of the Effects of Social Media Marketing. Journal of Interactive Marketing, 26(2), 83–91. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2012.01.003
Florenthal, B. (2019). Young consumers’ motivational drivers of brand engagement behavior on social media sites: A synthesized U&G and TAM framework. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(3), 351–391.
Harsya, C., Dan, N., & Alversia, Y. (2020). Pengaruh Customer Engagement di Media Sosial terhadap Brand Intimacy pada Produk Fashion Lokal Indonesia The Influence of Customer Engagement in Social Media Towards Brand Intimacy to Indonesian Fashion Local Products. Jurnal Manajemen Dan Usahawan Indonesia, 43(2), 1–14.
Kumar, V., & Pansari, A. (2016). Competitive Advantage through Engagement. Journal of Marketing Research, 53(1), 497–514.
Kurniawan, R. (2022). Kepercayaan Terhadap Loyalitas Masyarakat Lokal Pada Pusat Perbelanjaan Di Kota Batam. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(1), 1–14.
Maulana, F., Wibowo, L., & Widjajanta, B. (2018). Gambaran Brand Identification dan Brand Loves pada Pengguna Forum Jual Beli Kaskus Di Kota Bandung. Journal of Business Management Education, 3(3), 14–24.
Putra, T. W. (2020). BRAND EXPERIENCE , PERCEIVED VALUE , BRAND TRUST UNTUK MEMPREDIKSI BRAND LOYALTY : BRAND LOVE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 184–193.
Rachmadhaniyati, R., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Customer Engagement dengan Loyalitas Merek dan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 1124–1137. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p1124-1137
Ridanasti, E. (2021). Keterlibatan Pelanggan dan Antesedennya pada Transaksi E-Commerce pada Generasi Z Erlita Ridanasti Prodi Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia. OPTIMAL : Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(2), 48–59.
Sallam, M. (2015). the Effects of Satisfaction and Brand Identification on Brand Love and Brand Equity Outcome: the Role of Brand Loyalty (Proposing a Conceptual Framework). International Journal of Economics, Commerce and Management United Kingdom, 4(09), 42–55. http://ijecm.co.uk/
Sari, K. A. T. (2022). Pengaruh value congruity dan psychological ownership terhadap loyalty : peran consumer engagement sebagai variabel mediasi. 10, 619–633.
Suriadikusumah, A., Mulyono, A., Hilda, M., & Maulana, R. (2022). Prediction of Bandung District Land Use Change Using Markov Chain Modeling. 12(1).
Tafesse, W. (2015). Content strategies and audience response on Facebook brand pages. Marketing Intelligence and Planning, 33(6), 927–943. https://doi.org/10.1108/MIP-07-2014-0135
Toby, A. (2006). Empirical Study of The Liquidity Management Practices of Nigerian Banks. Journal of Finance Mangement and Analysis, 19(1), 57–70.
Widyasari, S., Soliha, E., Wuryan, S., & Damayanti, L. D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merk Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Pada Koran Harian Suara Merdeka di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(1), 117–132. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i1.144
Young, & Abreu. (2011). Kecanduan internet panduan konseling dan petunjuk untuk evaluasi dan penanganan. Pustaka Pelajar.
Published
2023-08-31
How to Cite
PratiwiA., & MasnitaY. (2023, August 31). Peran Keterlibatan Konsumen Guna Pencapaian Brand Love Dengan Mendorong Consumers Engagement. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 6(2), 202-210. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v6i2.4492
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 183 times
PDF downloaded = 136 times