Implementasi Sistem Operasional LKM Dalam Pengajuan Kredit Bagi UMKM
Lembaga Keuangan Mikro, UMKM, Sistem Operasional, Digitalisasi
Abstract
Sistem Operasional Lembaga Keuangan Mikro (SISPRO LKM) merupakan sistem digital yang dibuat dengan core system untuk pencatatan dan pelaporan yang terintegrasi antara bisnis dan akuntansi. Guna memudahkan dan mempercepat LKM dalam pelayanan kredit kepada nasabah khususnya pelaku UMKM. Lembaga Keuangan Mikro (LKM) adalah bagian dari Lembaga Keuangan Non Bank yang diawasi oleh OJK dibuat khusus untuk membantu UMKM dalam mengembangkan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Sistem Operasional (SISRPO) dan kendala yang ada dalam penerapannya di bidang pelayanan kredit pada PT.Lembaga Keuangan Mikro Badan Kredit Desa Kabupaten Tegal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Sistem Operasional (SISPRO) yang digunakan pada PT. Lembaga Keuangan Mikro Badan Kredit Desa Kabupaten Tegal telah sesuai dengan pedoman yang diberikan serta pelaporan yang di hasilkan sesuai dengan Surat Edaran OJK No. 29 Tahun 2015 namun belum optimal dilakukan. Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam penerapan Sistem Operasional sudah berjalan baik.
Downloads
References
Badina, Tenny, and Rita Rosiana. 2022. “Peran Lembaga Keuangan Mikro Islam Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Ekonomi Pengusaha Mikro.” JIEI 8. doi: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3904.
Bank Indonesia. 2009. “Laporan Perkembangan Kredit Mikro, Kecil Dan Menengah.” Retrieved (https://www.bi.go.id/id/umkm/kredit/default.aspx).
Dinas Koperasi dan UMKM, Jawa Tengah. 2021. “Data UMKM Binaan Provinsi Jawa Tengah.” Dinkop-Umkm.Jatengprov.Go.Id.
ekon.go.id. 2021. “Dukungan Pemerintah Bagi UMKM Agar Pulih Di Masa Pandemi.” Ekon.Go.Id.
Gultom, Mardia Shintia Devi, and Mustapa Khamal Rokan. 2022. “Problematika Perbankan Syariah: Solusi Dan Strategi Digitaliasasi Dalam Meningkatkan Kualitas Produk Dan Layanan Perbankan Di Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan.” ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship) 3(1):14–20. doi: 10.29303/alexandria.v3i1.175.
Hasibuan, and H. Malayu. 2007. “DasarDasar Perbankan.”
Isnawati. 2018. “MANAJEMEN RISIKO PEMBERIAN MODAL USAHA ANGGOTA PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH LKM KUBE SEJAHTERA UNIT 065 ANJIR MUARA.” Institutional Digital Repository UIN Antasari Banjarmasin.
Koesworo, Y., N. Muljani, and L. Ellitan. 2015. “Peran Lembaga Keuangan Mikro Dan Manajemen Resiko Kredit Dalam Menjaga Kelangsungan Hidup Umkm Di Surabaya Dan ….” … Competitive Advantage (SCA … (2001):1–15.
Nazwirman. 2008. “PERANAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO.” Journal The WINNER 9.
nugroho lucky dkk. 2020. “PELUANG PENGUSAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH.” Al-Qardh 5.
Nur Subchan dkk. 2012. “MENGUKUR EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI DAN MENGETAHUI KESUKSESAN PORTAL AKADEMIK (SIAM) ON-LINE.” Profit 6.
ojk. 2022. “LEMBAGA KEUANGAN MIKRO, ALTERNATIF SIMPANAN DAN PENDANAAN MIKRO MASYARAKAT DESA.” Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id. Retrieved (htpp://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40768).
OJK. 2015. Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 29/SEOJK.05/2015.
Pemerintah Indonesia. 1998. “Undang Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 7 Tahun 1992.” 63.
Peraturan Pemerintah RI. 2013. Undang-Undang (UU) No.1 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro.
PT.USSI. 2016. “No Title.”
PT.USSI. 2021. Buku Panduan;SISPRO LKM. Bandung.
Reskiana Nisaputra. 2021. “OJK Dorong Pengembangan Core System Dukung LKM.” Infobanknews.Com.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D – MPKK. Bandung: Alfabeta.