Pemanfaatan Media Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Keberhasilan Wirausaha Dengan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi Pada Pelaku UMKM
Media Sosial, Efikasi Diri, Inovasi, Kewirausahaan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial, efikasi diri terhadap keberhasilan berwirausaha yang dimediasi oleh inovasi pada pelaku UMKM bidang kuliner Tebing Tinggi. Pengaruh yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional cluster sampling yang tersebar di 5 kecamatan di Tebing Tinggi. Alat uji yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil pengujian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial dan efikasi diri berpengaruh terhadap keberhasilan wirausaha dengan inovasi sebagai variabel mediasi.
Downloads
References
Chaerani, D., Talytha, M. N., Perdana, T., Rusyaman, E., & Gusriani, N. (2020). Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Jurnal Aplikasi Iptek Untuk Masyarakat, 9(4), 275. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i4.30941
Endratno, H., & Widhiandono, H. (2014). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa ( Studi Perbandingan Antara Mahasiswa Fe Ump Dan Fe Unsoed ). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4, 12–20.
Fakhruddin, M. (2020). Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, Ridho Haykal Amal : sekitar 672.000 dari total 960.000 UMKM mengalami dampak dari Covid-19. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/q9vk16327/672000-umkm-di-sumut-terdampak-pandemi-covid19
Fauzi, V. P. (2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Social Media Marketing Er-Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. Jurnal Komunikasi, 3(1), 1–15. https://media.neliti.com/media/publications/33150-ID-pemanfaatan-instagram-sebagai-social-media-marketing-er-corner-boutique-dalam-me.pdf
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (Edisi 3). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Hisrich, R. D. (2013). Entrepreneurs ’ creativity and firm innovation : the moderating role of entrepreneurial self-efficacy. Journal of Entrepreneur. https://doi.org/10.1007/s11187-013-9531-7
Isnada, I. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Dairi Sumatera Utara. E-Jurnal Katalogis, 4(2), 62–75.
Kusuma, N. T. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Provinsi Yogyakarta. 1(1), 46–51.
Muninger, M., Hammedi, W., & Mahr, D. (2019). The value of social media for innovation : A capability perspective ☆. Journal of Business Research, 95(July 2017), 116–127. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.012
Ningrum, M. A. (2017). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Sejak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 2, 29–32.
Prihatsanti, U. (2017). The Relationship Between Entrepreneurial Self-Efficacy, Entrepreneurial Curiosity and Innovative Behavior on Entrepreneur Students. Journal Social Science, 133(1999), 131–134. https://doi.org/10.2991/acpch-17.2018.31
Renaningtyas, W. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Anggota Komunitas. Jurnal Psikologi, 5(4), 462–471.
Subhan, M. (2014). Pengaruh Pengetahuan Mengenai Risiko Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Underwriter Perusahaan Di Industri Asuransi Kerugian (Umum) Di Indonesia. Jurnal MIX, IV(1), 83–99.
Wahyudin, M., & Astuti, P. B. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Efikasi Diri dan Lingkungan Kerja Non-Fisik Terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Syariah Bumi Artha Sampang Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(3), 314–322. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i3.480
Warlen, M. A. (2019). Kesuksesan Wirausaha Muda Sebagai Role Model Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatra Utara. In Disertasi. Universitas Sumatera Utara, Medan.
Widjaja, Y. R., Alamsyah, D. P., Rohaeni, H., & Sukajie, B. (2018). Peranan Kompetensi SDM UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 465–476.
Yong, K., & Hassan, R. A. (2019). The Relationships Between Social Media Marketing and Entrepreneurial Success: A Conceptual Study on Homestay Business in Sabah, Malaysia. Review of Integrative Business and Economics Research, 8(1), 25–33. http://buscompress.com/journal-home.html
Yusnita, M., & Wahyudin, D. N. (2017). Entrepreneurial Leadership melalui Kapasitas Inovasi sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif UMKM di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) (Kajian Usaha Mikro di Kabupaten Bangka). Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 1(1), 10–18.