Atribut Produk Dalam Pembentukan Loyalitas Konsumen

  • Burhanudin Burhanudin Universitas Janabadra Yogyakarta
  • Oki Ertyanto
Keywords:
loyalitas konsumen, disain produk, harga, warna produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disain produk terhadap loyalitas konsumen, mengetahui pengaruh harga terhadap loyalitas konsumen, dan untuk mengetahui pengaruh warna produk terhadap loyalitas konsumen. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden penggunan pasta gigi pepsodent. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disain produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan warna produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurahman, A., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Desain Produk dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening Pengguna HP Oppo (Study Kasus di Pesantren Miftahul Huda Kepanjen-Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(5), 138–150.
Adullah, A., & Rizan, M. (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Alakasa Extrusindo. Manajerial, 9(2), 51–60.
Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(2), 592–602.
Cooper, D. R., & Emory, C. W. (1999). Metode Penelitian Bisnis (Edisi Kelima). Penerbit Erlangga.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, N. T. (2012). Pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Green Product Sepeda Motor Honda Injection. Management Analysis Journal, 1(2), 1–6.
Kasiyan. (2013). Nirmana Warna. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 3(02), 61–74.
Lumintang, A. A. (2013). Marketing Mix Pengaruhnya terhadap Loyalitas Konsumen Sabun Mandi Lifebuoy di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 140–150.
Mustafa, Z. (2013). Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Graha ilmu.
Nurullaili, N. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang memengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 89–97.
Priyatno, D. (2012). Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Nonparametrik dengan SPSS. Gava Media.
Putra, M. C. S. D., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Vespa. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(3), 1674–1700.
Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening Pada UD. Eva Group Mataram. VALID Jurnal Ilmiah, 16(1), 123–135.
Rosalia, M., & Parjono. (2014). Pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Konsumen Kerudung Produk Rabbani Pada Komunitas Mahasiswi Muslim Di Unesa Ketintang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(2), 1–14.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Anda.
Santosa, S. (2015). Menguasai Statistik Parametrik: Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. PT Elex Media Komputindo.
Saputra, A. (2016). Analisis Pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Konsumen Toyota Agya di Kota Medan). Jurnal Manajemen Bisnis, 25(1), 31–41.
Sari, N. L. D. I. D. (2013). Elemen Visual Kemasan Sebagai Strategi Komunikasi Produk. Profetik: Jurnal Komunikasi, 6(1), 43–52.
Sekaran, U. (2006). Research Methods for Business: Metodologi Penelitian Bisnis (4th ed.). Salemba Empat.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Sumarman, U. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Swasty, W. (2010). A-Z Warna Interior Tampat Tinggal. Griya Kreasi.
Taufan, A. (2014). Analisis Pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Tabungan BritAma BRI Kantor Cabang Pattimura Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 11(1), 23–32.
Tomida, M., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Footwear Yongki Komaladi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7).
Published
2021-08-03
How to Cite
BurhanudinB., & ErtyantoO. (2021, August 3). Atribut Produk Dalam Pembentukan Loyalitas Konsumen. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(2), 99-111. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v4i2.1476
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 497 times
PDF downloaded = 246 times