Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor
Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa di Pondok Pesantren Al-Manar Cibeuteung Udik. Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan sampel sebanyak 29 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini variabel Pendidikan Kewirausahaan diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,841 dengan kriteria baik. Variabel Minat Berwirausaha diperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,831 dengan kriteria baik. Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berwirausaha dengan nilai persamaan regresi Y = 11,971 + 0,686X, dan nilai koefisien korelasi 0,862 atau memiliki tingkat hubungan yang sangat kuat dengan nilai determinasi 74,4%. UjiĀ hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05.
Downloads
References
Algifari (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
Bambang Budi Utomo (2017), Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negeri 3 Pontianak
Bilson Simamora (2016) Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), 702-714. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss3.pp702-714
Glisina Dwinoor (2016), Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha Universitas Bunda Mulia, Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan Vol. 1 No.1
Imam Ghozali (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Istijanto (2014) Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Jasmani, J., Maduningtias, L., & Irmal, I. (2019). Pelatihan Dan Penguasaan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Para Remaja Di Lingkungan Benda Timur IV. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1), 65-68.
Jasmani, Jasmani, and Denok Sunarsi. "The Influence of Product Mix, Promotion Mix and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Sari Roti Products in South Tangerang." PINISI Discretion Review 1.1 (2020): 165-174.
Purwanto, A., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2020). Penerapan Perluasan Arti Perbuatan Melanggar Hukum Dalam Pelaksanaan UU 29 Tahun 2004 (Studi Kasus Putusan No. 625/PDT. G/2014/PN JKT. BRT). TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(2), 99-103.
Rao Purba, (2012). Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis, The Asian.
Saladin. Djaslim (2016) Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya.
Sentiana, Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal Widya Cipta, Vol. 2 No. 2 (2018)
Singgih Santoso (2015). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sudjana (2014) Metode Statistika, Bandung: Tarsido.
Sugiyono (2017), Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suhartanto (2014). Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta
Sunarsi, D. (2018). Buku Ajar: Seminar Perencanaan Sumber Daya Manusia. Tangerang Selatan: Asmoro Mediatama
Sunarsi, D. (2018). Pengembangan Sumber Daya Manusia Strategik & Karakterisrik Sistem Pendukungnya : Sebuah Tinjauan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 178 - 194. https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss3.pp178 - 194
Sunarsi, D., Wijoyo, H., Prasada, D., & Andi, D. (2020, September). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mentari Persada Di Jakarta. In Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi (Vol. 5, No. 1, pp. 117-123).
Supatmin, S., Septiani, F., & Jasmani, J. (2018). Pelatihan Kewirausahaan Tanaman Sayur Mayur Dengan Teknik Hidroponik Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Pada MTS Insan Madani Di Desa Tegallega Rahong Hilir Cigudeg Bogor Barat Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 141-151.
Supranto. J (2015) Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi ketujuh Jilid 2: Jakarta.
Umar Bakti, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di bandar Lampung. Jurnal Ekonomi No. 1 (2020)
Wicaksono, Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen Kartu XL Axiamata di Semarang. Jurnal Management Vol: 6 No: 2 (2017)
Widya Putri (2017), Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksa Vol. 9 No.1
Yazid (2016) Pemasaran Jasa, Konsep dan Implementasi, Edisi Kedua, Yogyakarta: PT. Ekonisia.
Yuangga, K. D., Jasmani, J., Irmal, I., Supiyan, D., & Rostikawati, D. (2020). Menumbuhkan Kebuasaan Hidup Cermat Dengan Memanfaatkan Celengan di Lingkungan Desa Cidokom Kecamatan Gunung Sindur. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(2), 147-152.