Implementasi Pelaporan Barang Milik Daerah (BMD) Pada Kantor Sekretariat DPRD Kota Magelang

  • Destria Hening Lasturi indonesia
  • Suci Nasehati Sunaningsih Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, Magelang
Keywords:
Pelaporan, Barang Milik Daerah(BMD), Aset Tetap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas implementasi pelaporan  barang milik daerah di Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaporan barang milik daerah (BMD) di Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Magelang mengacu pada peraturan walikota Magelang Nomor 76 Tahun 2019. Pelaporan dilakukan secara tepat waktu, transparan dan akurat sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan, namun pada pelaksanaanya masih terdapat beberapa kendala karena terdapat  kesalahan saat menginput, seperti kode barang dan klasifikasi barang salah, jumlah barang dan harga perolehan yang tidak sama dengan akuntansi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Peraturan Walikota Magelang Nomor 68 Tahun 2017.
Peraturan Walikota Magelang Nomor 76 Tahun 2019.
Muamar Albar, J. M. (2018). Analisis Perlakuan Dan Pelaporan Akuntansi Barang Milik Negara Pada Kantor Willayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara .
Pemerintahan Kota Magelang Sekretariat Daerah. (2019). Penyampaian Laporan Barang Pengguna/Kuasa Pengguna Barang Semester 1 Tahun 2019.
Permendagri No. 19 Tahun 2016 .
Ropida Rezeki Utami, A. ,. (2019). Analisi Pengelolaan Barang Milik Daerah Daerah Pada Pemerintahan Daerah Kaupaten Aceh Tengah .
Sugiyanto. (2017). Implementasi Pengelolaan Barang Milik Daerah Pada Sekretariat Dprd Kabupaten Bulungan, Universitas Terbuka.
Published
2021-02-03
How to Cite
LasturiD., & SunaningsihS. (2021, February 3). Implementasi Pelaporan Barang Milik Daerah (BMD) Pada Kantor Sekretariat DPRD Kota Magelang. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 9-14. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v4i1.1404
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 289 times
PDF downloaded = 279 times