Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Wonosobo

  • Ibnu Ngakil Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
  • M. Elfan Kaukab Faculty of Economics Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo, Indonesia
Keywords:
Transparansi, Akuntabilitas, Keuangan Desa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei, dengan sasaran penelitian yaitu masyarakatyang tinggal pada sembilan desa di Kabupaten Wonosobo. Penentuan teknik dalam penggambilan sampel menggunakanmulti stage cluster systematic sampling sehingga diperoleh sampel 100 responden. Sedangkan teknikanalisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan desa yang ada selama ini sudah dikelola secara optimal dengan mengedepankan transparansi dan akuntabilitas sesuai dengan ketentuan. Transparansi keuangan didukung dengan kemudahan akses informasi keuangan secara offline dan online, mekanisme kontrol dari anggota masyarakat dan lembaga desa, dan juga model publikasi yang mudah dimengerti dan dipahami oleh masyarakat. Selain itu, keuangan desa telah dikelola secara akuntabel oleh pemerintah desa yang dapat dilihat dari kesesuaian antara kegiatan dengan prosedur pelaksanaan, adanya sanksi dengan mengedepankan pencegahan penyalahgunaan keuangan desa, pembuatan laporan keuangan secara berkala sehingga mampu meningkatkan kepercayaan publik pada pemerintah desa. Persepsi masyarakat terkait transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Kabupaten Wonosobo dalam kategori baik. Kondisi yang demikian merupakan bagian penting dalam proses memajukan desa dengan memanfaatkan keuangan desa secara optimal tiap tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita, Rahardjo. 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Alfasadun, Pancawati Hardiningsih,dan Sri Devi Ratnasari3, Ceacilia Srimindarti, 2018, Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa, Proceeding SENDI_U. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call For Papers, Unisbank, Semarang, hal: 684-691.
Anggara, Sahya. 2012. Ilmu Administarasi Negara Kajian Konsep, Teori dan Fakta dalam Upaya Menciptakan Good Governance. Putaka Setia, Bandung.
Ardial. 2014. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik ( Edisi Revisi IV). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Astuti, Titiek Puji dan Yulianto. “Good Governance Pengelolaan Keuangan Desa Menyongsong Berlakunya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014”. Jurnal Berkala: Akuntansi dan Keuangan Indonsesia. Vol. 1 No. 1. 2016. Universitas Setia Budi, Surakarta. Hal. 1-14.
Atmadja A T, Saputra K A K. 2018. “Determinant Factors Influencing the Accountability of Village Financial Management”. Academy of Strategic Management Journal.Vol. 17No. 1 (Print ISSN: 1544-1458; Online ISSN: 1939-6104), Allied Business Academies. London.
Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, 2005, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo Perkasa.
Brikenda Vokshi, 2016, Transparency In Management of Public Funds, International Journal of Economics, Commerce and Management United Kingdom Vol. IV, Issue 1, January, hal: 553- 559.
Bungin, B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. (Edisi Pertama). Jakarta:Kencana
Chairun Nasirin, 2013, Reformasi Administrasi Publik: Sebuah Kajian Konseptual, Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, Vol.4, No.2, Juli-Desember, hal: 92-99.
Denhardt, Janer V, and Robert B. Denhardt. 2003. The New Public Service : Serving Not Steering. Armonk, N.Y : M.E.Sharpe.
Dwiyanto Agus . 2008. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Enkeleda Lulaj, 2019, Transparency And Accountability In The Public Budget, Empirical Study (Data Analysis) In Local Governments- Municipalities, International Journal of Education and Research Vol. 7 No. 4 April, hal: 69-86.
Fajar Trilaksana Moedarlis. 2016. “Sistem Akuntabilitas Keuangan Desa (Studi Kasus: Desa Temuwuh dan Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul)”. Naskah Publikasi. 18 Desember 2016. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Febby Rosielita, Ni Luh Gede Erni Sulindawati, Ni Kadek Sinarwati. 2017. “Implementasi Good Governance Pada Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Studi Kasus Pada Desa Telaga, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng)”. e-Journal S1 Ak. Vol: 8 No: 2 Tahun 2017. Universitas Pendidikan Ganesha, Denpasar.
Fernando Victory Tambuwun, Harijanto Sabijono, Stanly W. Alexander. 2018. Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Otonomi Desa Dalam Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Alokasi Dana Desa Di Desa Kauneran Satu Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa, Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 13(4), hal: 76-84
Fitri Sukmawati dan Alfi Nurfitriani, 2019, Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Pada Pemerintah Desa Di Kabupaten Garut), Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, dan UMKM Volume. 2, No.1, Juni, hal: 52-66.
Gayatri, Made Yeni Latrini dan Ni Luh Sari Widhiyani, 2017, Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Dana Desa untuk Mendorong Kemandirian Masyarakat Pedesaan, Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan Vol. 10 No. 2, hal: 175-182.
Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Embat. Jakarta.
Haris, Syamsuddin. 2007. Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Desentralisasi, Demokratisasi & Akuntabilitas Pemerintahan Daerah). Jakarta: LIPI Press
Hariyoso, S. 2002. Pembaharuan Birokrasi dan Kebijaksanaan Publik. Jakarta: Peradaban
I Made Yoga Darma Putra1 N, Ketut Rasmini, 2019, Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Partisipasi Masyarakat Pada Efektivitas Pengelolaan Dana Desa, E-Jurnal Akuntansi Vol.28.1.Juli hal: 132-158.
Junaedi. 2002. Balanced Scorecard: Pengukuran Kinerja Pada Pemerintah Daerah. KOMPAK, No. 6, September.
Kabiru Isa Dandago, 2018, Transparency and Accountability in Public Financial Management: A Stewardship Account at Kano State Ministry of Finance, Nigeria, International Journal of Financial Research Vol. 9, No. 2, hal: 765-89.
Kemas Arsyad Somad, 2012, Reformasi Birokrasi Desa Menuju Pemerintahan Desa Yang Demokratis, MMH, Jilid 41 No. 4 Oktober 2012: 487-492.
Kumorotomo, Wahyudi. 2006. “Pelayanan yang Akuntabel dan Bebas dari KKN”, dalam Agus Dwiyanto,ed .2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Kuncoro, Mudrajad, 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah, Jakarta, : PT. Erlangga
Lembaga Administrasi Negara dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. 2000. Akuntabilitas Dan Good GoverenanceLembaga Admnistrasi Negara dan Badan Penagwas Keuangan dan Pembangunan. Jakarta
Krina Liona. Lalolo 2003. Indikator Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas, Transparansi dan Partisipasi. Bappenas, Jakarta.
Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Mardiasmo. 2004. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Mardiasmo. 2011. Akuntansi Sektor Publik. Andi Ofset, Yogyakarta.
Miriam Budiarjo. 1998. Menggapai Kedaulatan Rakyat. Jakarta: Mizan.
Mohamad Mahsun. 2006.Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakart: BPFE.
Motik, Suryani Sidik. 2003. “Transparansi & Akuntabilitas dan Minat Berinvestasi”. Jurnal Forum Inovasi Capacity Building & Good Governance. Vol. 8: September-Nopember.
Priyono, M. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo : Zifatma Publishing
Putri Wahyuningsih dan Kiswanto. 2016. “Factors Affecting The Accountability of Village Financial Management”. Accounting Analysis Journal. Vol 5 No. 3 Agustus 2016. DOI https://doi.org/10.15294/aaj.v5i3.19419. Universitas Negeri Semarang
Riswanda Imawan. 2005. Desentralisasi, Demokratisasi dan Pembentukan Good governance dalam Syamsudin Haris (Editor), Desentralisasi & Otonomi Daerah. Jakarta: LIPI Press.
Rochmat Aldy Purnomo, 2017, Menulis Penelitian, Unmuh Ponorogo Press, Ponorogo.
Sadu Wasistiono. 2005. Desentralisasi, Demokratisasi dan Pembentukan Good Governance dalam Syamsudin Haris (Editor), Desentralisasi & Otonomi Daerah. Jakarta: LIPI Press.
Said, M. Mas’ud, 2007, Birokrasi di Negara Birokratis, Malang: Universitas Muhamadiyah Malang Press.
Sagita, Reflay Ade dan Widayati. 2017. “Pengawasan Penggunaan Dana Transfer Untuk Menjamin Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa Di Kabupaten Wonosobo”. Jurnal Hukum Hukum Khaira Ummah Vol. 12. No. 2 Juni 2017. Unissula, Semarang hal. 293 – 306
Salam, Dharma Setyawan. 2004. Manajemen Pemerintahan Indonesia. Jakarta : Penerbit Djambatan.
Sarwono J., 2009. Statistik Itu Mudah: Panduan Lengkap untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: Andi Offset.
Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2011.Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan III, Alfabeta, Bandung.
Sedarmayanti. 2004.Good governance (Kepemerintahan Yang Baik), Membangun Sistem Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas menuju Good governance. Bandung: Mandar Maju.
Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan Yang Baik. PT Refika Aditama, Bandung.
Sedarmayanti, 2012. Good Governance Kepemerintahan Yang baik Bagian Kedua edisi revisi, Mandar Maju, Bandung.
Singarimbun, Masri, Effendi S. 2008. Metode Penelitian Survai. Pustaka LP3ES Indonesia. Jakarta.
Soerjono Soekanto, 1999, Pengantar Penelitian Hukum, UI Press, Jakarta.
Sudarno. 2017. Data Analysis.Departemen Statistika Fakultas Sains dan Matematika UNDIP. Semarang.
Sugiyono, 2008. MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2010, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Suharsimi Arikunto, 2010, Manajemen Penelitian. Jjakarta: Rineka Cipta.
Sumpeno, Wahyudin. 2011. Perencanaan Desa Terpadu. Edisi Kedua. Reinforcement Action and Development. Banda Aceh.
Tatiek Sri Djatmiati, Eman, Heru Irianto, dan Urip Santoso, 2014, Transparency and Accountability in the Finance Management of the Local Government in Promoting Good Governance, Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS) Volume 19, Issue 9, Ver. IX Sep., hal: 15-19.
Thoha, Miftah, 2008. Teori-teori Mutakhir Administrasi Publik. Penerbit Rangkang Education, Yogyakarta.
Tuti Amalya, Akram,Endar Pituringsih. “Determinants of Village Financial Management and Its Implication toward Accountability: Study on Village Governance in West Lombok Regency”. International Journal of Research in Advent Technology, Vol.5, No.12, December 2017 E-ISSN: 2321-9637 Available online at www.ijrat.org. Magister of Accounting Faculty of Economoics and Business Universitas Mataram, Indonesia.
Umar, Husein, 2010, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Warsito Utomo. 2006.Administrasi Publik Baru Indonesia, (Perubahan Paradigma dari Administrasi Negara ke Administrasi Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widjaja, HAW. 2012. Otonomi Desa. PT. Raja Grafindo, Jakarta.
Winardi, Abdi, 2004. Teori Perilaku Birokrasi. Penerbit Balai Pustaka, Jakarta.
Published
2020-08-06
How to Cite
NgakilI., & KaukabM. E. (2020, August 6). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 92-107. https://doi.org/https://doi.org/10.32500/jematech.v3i2.1283
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 1841 times
PDF downloaded = 1331 times