Pengujian Pengendalian Internal Penerimaan Kas Pada Puskesmas Grabag

  • Supriono Pri Politeknik Sawunggalih Aji
  • Sulisty Puspita Sari Politeknik Sawunggalih Aji
Keywords:
pengujian pengendalian, pengendalian internal, penerimaan kas

Abstract

Abstrak

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian/pemeriksaan implementasi pengendalian internal penerimaan kas pada Puskesmas Grabag

Metode – Teknik analisis data menggunakan teknik audit penerimaan kas yaitu pengambilan sampel transaksi penerimaan, pemeriksaan kelengkapan sampel transaksi, pemeriksaan ke dalam buku besar, dan penarikan kesimpulan pada tes ketaatan (compliance test). Sampel dalam penelitian ini ada 56 transaksi penerimaan kas yang terdiri dari 47 transaksi rawat jalan dan 9 transaksi rawat  inap. Pengukuran tingkat efektivitas menggunakan skala Guttman dengan interval 0-100%.

 Hasil - Hasil pengujian pengendalian penerimaan kas pada Puskesmas Grabag sebesar 87%, pengujian menunjukkan bahwa pengendalian internal sudah cukup efektif. Aktivitas penerimaan kas yang dilakukan oleh pegawai puskesmas juga sudah sesuai dengan standar operasional prosedur dan regulasi yang berlaku pada Puskesmas Grabag..

 Implikasi - Penelitian ini menggunakan data Puskesmas Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo

 Orisinalitas – Penelitian ini mendiskripsikan pengujian penerimaan kas dengan metode compliance test dan substantive test.

 Kata kunci: pengujian pengendalian, pengendalian internal, penerimaan kas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-31
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 226 times
PDF downloaded = 170 times