Efektifitas Manajemen Pemasaran Produk Wisata Syariah : Studi Pulau Santen Syariah Sebagai Produk Halal Tourism di Kabupaten Banyuwangi

Penulis

  • Mella Mardayanti Universitas Pekalongan
  • Meliza Meliza Universitas Pekalongan
  • Mohammad Sigit Taruna Universitas Pekalongan
  • Dian Priatiningsih Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i5.10400

Kata Kunci:

Kata kunci: pemberdayaan, masyarakat pesisir, wisata syariah

Abstrak

Pariwisata memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi global. Pembangunan pariwisata idealnya menghargai budaya lokal dan berlandaskan nilai-nilai keislaman. Kemiskinan yang masih dialami masyarakat pesisir menunjukkan perlunya pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan pariwisata berbasis ekowisata, yaitu pembangunan pariwisata yang menyesuaikan dengan potensi dan kondisi daerah. Wisata syariah menjadi refleksi atas upaya pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan pariwisata yang memberi dampak positif terhadap kemajuan ekonomi lokal. Ekowisata juga memberikan manfaat ekonomi, baik dalam peningkatan pendapatan masyarakat maupun nilai ekonomi lingkungan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendesain efektivitas manajemen pemasaran produk wisata syariah berbasis Pulau Santen Syariah, dalam konteks halal tourism atau ekowisata. Manajemen produk halal syariah ini merupakan konsep baru yang diterapkan pemerintah di Pulau Santen, Kabupaten Banyuwangi, sebagai aset wisata masyarakat setempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode deskriptif analitis.

 

Diterbitkan

2025-10-28

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Efektifitas Manajemen Pemasaran Produk Wisata Syariah : Studi Pulau Santen Syariah Sebagai Produk Halal Tourism di Kabupaten Banyuwangi. (2025). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Perbankan Syariah, 5(5), 63-73. https://doi.org/10.32699/jamasy.v5i5.10400

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama