KINERJA OPERASIONAL KERETA API COMMUTER LINE PENATARAN

  • Vyonita Putranto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Wateno Oetomo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nurani Hartatik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords:
kereta api, kinerja operasional, faktor muat, waktu tempuh, waktu henti

Abstract

Pergerakan penduduk Surabaya-Malang dan sebaliknya menjadi pergerakan dominan, sehingga peningkatan kepadatan lalu lintas antar kedua kota yang akhirnya tidak terhindarkan. Tersedianya transportasi publik menjadi sebuah alternatif permasalahan tersebut, salah satunya adalah kereta api. Kereta Api Commuter Line Penataran merupakan kereta api lokal yang melayani pergerakan Surabaya-Blitar melalui Malang dan sebaliknya dengan titik 15 stasiun pemberhentian. Namun dalam operasional kereta api sering kali ditemukan permasalahan seperti keterlambatan, serta penumpukan penumpang di jam sibuk (peak hour). Dengan demikian, guna meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan transportasi publik diperlukan evaluasi terhadap kinerja operasional. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja operasional Kereta Api Commuter Line Penataran. Penelitian ini menggunakan analisis kinerja operasional yang meliputi analisis faktor muat (load factor), waktu tempuh (travel time), serta waktu henti. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata faktor muat tertinggi yaitu 73,98%, kemudian untuk waktu tempuh tercepat pada NOKA 431 yaitu 3,81% dari waktu tempuh terjadwal, dan waktu henti tercatat antara 2-17 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Biomantara, K., & Herdiansyah, H. (2019). Peran Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai Infrastruktur Transportasi Wilayah Perkotaan. Cakrawala, 19(1), 1–8. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala
Indonesia, K. P. R. (2007). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2007 TENTANG PERKERETAAPIAN. In Peraturan Menteri Perhubungan (p. 10).
Lubis, M. F. R., Hariyani, S., & ... (2023). Kinerja Operasional Kereta Api Komuter Sidoarjo-Indro. Planning for Urban Region …, 12(0341). https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/588%0Ahttps://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/viewFile/588/445
Malau, H., Alamsyah, W., & Basrin, D. (2023). COMPARISON OF TRANSPORTATION MODE SELECTION OF PUBLIC TRANSPORT VEHICLES AND PRIVATE VEHICLES (Case Study : City of Sibolga-District of Sibabangun Tapanuli Tengah). JCEBT (Journal of Civil Engineering, Building and Transportation), 7(2), 2–7.
Muhammadun, H., Mahendra Tama, S. B., Oetomo, W., & Mudjanarko, S. W. (2020). Study of Selection of Bus Mode and Rail Train Surabaya – Malang. The Spirit of Society Journal, 3(2), 36–44. https://doi.org/10.29138/scj.v4i1.1089
Biomantara, K., & Herdiansyah, H. (2019). Peran Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai Infrastruktur Transportasi Wilayah Perkotaan. Cakrawala, 19(1), 1–8. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala
Indonesia, K. P. R. (2007). UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2007 TENTANG PERKERETAAPIAN. In Peraturan Menteri Perhubungan (p. 10). https://www.infodesign.org.br/infodesign/article/view/355%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/731%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/269%0Ahttp://www.abergo.org.br/revista/index.php/ae/article/view/106
Lubis, M. F. R., Hariyani, S., & ... (2023). Kinerja Operasional Kereta Api Komuter Sidoarjo-Indro. Planning for Urban Region …, 12(0341). https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/588%0Ahttps://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/viewFile/588/445
Malau, H., Alamsyah, W., & Basrin, D. (2023). COMPARISON OF TRANSPORTATION MODE SELECTION OF PUBLIC TRANSPORT VEHICLES AND PRIVATE VEHICLES (Case Study : City of Sibolga-District of Sibabangun Tapanuli Tengah). JCEBT (Journal of Civil Engineering, Building and Transportation), 7(2), 2–7.
Muhammadun, H., Mahendra Tama, S. B., Oetomo, W., & Mudjanarko, S. W. (2020). Study of Selection of Bus Mode and Rail Train Surabaya – Malang. The Spirit of Society Journal, 3(2), 36–44. https://doi.org/10.29138/scj.v4i1.1089
Nabila, RP, M. D., & Rifky, H. (2022). Analisis Kinerja KRL Commuter Berdasarkan Persepsi Penumpang dengan Metode Importance Performance Analysis Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Stasiun Citayam. Rekayasa Sipil, 11(1), 45. https://doi.org/10.22441/jrs.2022.v11.i1.05
Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (2012). RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI. In Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjmxaDX0cPzAhX1_XMBHUCgAwgQFnoECAIQAQ&url=https%3A%2F%2Fadoc.tips%2Fdownload%2Fbab-2-landasan-teori294074b5647acbc51fc2a7055536b95a44523.html&usg=AOvVaw3tQ8UCQ2stW7nrQ
Purwoko, B. A., Chotib, C., & Yola, L. (2022). Strategi Integrasi Layanan Transportasi di Stasiun Kereta Api Bekasi Pasca Pandemic Covid-19. Jurnal Transportasi Multimoda, 20(1), 8–18. https://doi.org/10.25104/mtm.v20i1.2142
Published
2024-05-31
How to Cite
PutrantoV., OetomoW., & HartatikN. (2024, May 31). KINERJA OPERASIONAL KERETA API COMMUTER LINE PENATARAN. Device, 14(1), 109-120. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v14i1.7008
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times