Pengaruh Artificial Intelligence Terhadap Tingkat Kasus Deep Fake Pada Selebritas di Twitter
artificial intelligence, machine learning, deep learning, deep fake
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui persentase pengaruh dari domain machine learning dan deep learning terhadap tingkat kasus deep fake pada selebritas di twitter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data primer yakni berupa data-data kasus deep fake artis yang sudah terjadi di Twitter. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan melakukan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dari artificial intelligence secara khusus domain machine learning terhadap peningkatan kasus deep fake pada selebritas di twitter secara signifikan.
Kunci: artificial intelligence, machine learning, deep learning, deep fake
Downloads
References
Cut Fatma Anwar (2023) ‘Artificial Intelligence : Bagaimana Perkembangan dan Pengaruhnya Bagi Masyarakat Indonesia?’, Portalpublikasi.id. Available at: https://portalpublikasi.id/2023/04/29/artificial-intelligence-bagaimana-perkembangan-dan-pengaruhnya-bagi-masyarakat-indonesia/#:~:text=Penggunaan AI di Indonesia sudah,serta makin banyaknya penggunaan internet.
Dadan Iskndar, D.M.R. (2019) ‘Difusi Inovasi Siaran Televisi Digital pada Masyarakat Jakarta’, 4(143–151), p. 255. Available at: https://repository.mercubuana.ac.id/83915/1/Prosiding FIX ISBN 10JAN2020.pdf#page=150.
Digitaldonat, S. (2024) Seperti apa Kasus Deepfake Pertama di Dunia?, Senin, 1 Januari. Available at: https://digitaldonat.republika.co.id/literasi/1753685475/seperti-apa-kasus-deepfake-pertama-di-dunia.
Diva Lufiana Putri (2024) ‘Ramai Kasus Deepfake Taylor Swift, Ahli Ungkap Cara Terhindar dari AI Pornografi’, kompas.com. Available at: https://www.kompas.com/tren/read/2024/01/29/180000065/ramai-kasus-deepfake-taylor-swift-ahli-ungkap-cara-terhindar-dari-ai.
Eriana, E.S. and Zein, D.A. (2023) ‘Artificial Intelligence (Ai) Penerbit Cv. Eureka Media Aksara’, pp. 24–32.
Leliana, I. et al. (2024) ‘Etika Dalam Era Deepfake: Bagaimana Menjaga Integritas Komunikasi’, Jurnal Visi Komunikasi, 22(02), p. 234. doi:10.22441/visikom.v22i02.24229.
Mailin, Gepeng Rambe, Ar-Ridho, Abdi, C. (2022) ‘Teori media/teori difusi inovasi’, Jurnal Guru Kita PGSD, 6(2)(september 2016), pp. 168–168.
Rahardja, U. (2022) ‘Masalah Etis dalam Penerapan Sistem Kecerdasan Buatan’, Technomedia Journal, 7(2), pp. 181–188. doi:10.33050/tmj.v7i2.1895.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tim CNN Indonesia (2023) ‘Kominfo Beri Peringatan, Perempuan Jadi Target Penyalahgunaan AI’, CNN Indonesia, November. Available at: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20231120105820-192-1026470/kominfo-beri-peringatan-perempuan-jadi-target-penyalahgunaan-ai.
Widjajanti Mulyono Santoso (2016) Ilmu Sosial di Indonesia Perkembangan dan Tantangan. Edisi pert. Edited by W.M. Santoso. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Qx_dCwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=Santoso,+W.+M.+(2014).+Ilmu+Sosial+di+Indonesia:+Perkembangan+dan+Tantangan.+Jakarta:+Yayasan+Pustaka+Obor++Indonesia.&ots=rW8107NTLj&sig=XrdWV7D_p7-w89X010_5F3LPsz8&redir_esc=y#v.
Yonatan, A.Z. (2023) ‘8 Negara Asia Pasifik dengan Prediksi Pengguna AI Terbanyak 2023, Indonesia Nomor Berapa?’, data.goodstats.id/. Available at: https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/8-negara-asia-pasifik-dengan-prediksi-pengguna-ai-terbanyak-2023-indonesia-nomor-berapa-EP1x5.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.