PENERAPAN METODE WEIGTED PRODUCT UNTUK PEMBERIAN RUMAH LAYAK HUNI DI KANTOR DESA LOKO RY

  • Astini Umbu Landi STIMIKOM Stella Maris Sumba
  • Cecilia Dai Payon Binti Gabriel STIMIKOM Stella Maris Sumba
  • Martinus Malo Ngongo STIMIKOM Stella Maris Sumba
Keywords:
Rumah layak huni, metode Weigted Product, Desa Loko Ry

Abstract

Pemerintah Desa Loko Ry memberikan banyak bantuan berupa bantuan tunai secara langsung, bantuan sosial dan bantuan rumah layak huni. Rumah adalah tempat tinggal manusia untuk berteduh maupun untuk beraktifitas sehari-hari. Akan tetapi rumah untuk warga Desa Loko Ry masih ada kecurangan dalam pemberian rumah layak huni untuk warganya yang membutuhkan.

Maka dari itu, peneliti ingin membuat dan merancang sebuah aplikasi yang berbasis web sistem pendukung keputusan pemberian rumah layak huni bagi warga Desa Loko Ry dengan 3 (tiga) kriteria yaitu pekerjaan, penghasilan dan juga kondisi rumah warga. Dalam aplikasi ini, metode Weigted Product dimasukan sebagai metode perhitungan penentuan dalam sebuah keputusan dengan cara perkalian untuk dapat menghubungkan nilai atribut, dimana setiap atribut harus dipangkatkan terlebih dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan.

Dari hasil perhitungan metode Weigted Product dalam pemberian rumah layak huni di Desa Loko Ry, maka dapat disimpulkan bahwa data alternatif pemberian rumah layak huni dengan hasil nilai tertinggi adalah 10.554805865382 dan 0.13868638174585 dari 11 data yang sudah diolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, DEKDST 2017, 'Pemilihan rumah menggunakan metode weighted product dengan visualisasi lokasi objek', Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK).
Arifianto, MRHDD 2016, 'Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Rumah Layak Huni Menggunakan Metode Weigted Product', Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.
Billah, MA 2020, 'Penentuan Pemberian Dana Bantuan Untuk Rumah Tidak Layak Huni Melalui Sistem Pendukung Keputusan dengan Menggunakan Metode Weigted Product', Universitas Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.
Muhammad Irwan, AIMWT 2021, 'Penerapan Metode Weighted Product - Preference Rangking Organization Metode For Enrichment Evaluation (WP-PROMETHEE) dalam Menentukan Warga Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni', Jurnal INTI TALAFA, pp. 1-6.
Putri Pratiwi, SDNIS 2023, 'Analisis Metode Weighted Product Pada Kategori Rumah Tidak Layak Huni Bagi Calon Penerima Bantuan Bedah Rumah', vol Volume 7, No. 3, Juli 2023, hal. 1335-1344.
Susanti, MMDE 2022, 'Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web pada SMK Bintang Nusantara Karanganyar', Jurnal DEVICE, pp. 1-7.
Syarifudin Yoga Pinasty, THPFRU 2020, 'Sistem Rekomendasi Bantuan Rutilahu Kabupaten Sumedang Menggunakan Metode Multi Attribute Utility Theory', Jurnal SISFOTEK, pp. 64-69.
Published
2023-11-29
How to Cite
LandiA., GabrielC. D. P. B., & NgongoM. M. (2023, November 29). PENERAPAN METODE WEIGTED PRODUCT UNTUK PEMBERIAN RUMAH LAYAK HUNI DI KANTOR DESA LOKO RY. Device, 13(2), 211-215. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v13i2.5831
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 194 times
PDF downloaded = 103 times