ANALISIS NILAI INVESTASI PROYEK PERUMAHAN

  • Rendy Oktavian Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Study Kelayakan, Investasi, Perumahan

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang terus meningkat, mengakibatkan kebutuhan rumah tinggal yang semakin tinggi, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan rumah tinggal adalah dengan membangun sebuah perumahan, dengan begitu bisnis propertipun  juga semakin meningkat khususnya untuk  pembangunan perumahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kelayakan investasi pada proyek perumahan, karena semakin meningkatnya bisnis properti yang ada di daerah kabupaten Temanggung, Wonosobo yaitu  dan juga Banjarnegara, pembangunan perumahan tersebut harus memenuhi kelayakan berdasarkan  aspek financial metode yang digunakan adalah Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), PaybackPeriode (PP) dan Break Event Point (BEP). Dalam pembangunan suatu proyek ,terutama proyek perumahan memerlukan modal yang cukup besar dan sumber pendanaan yang jelas, sebelum proyek dilaksanakan perlu dilakukan studi kelayakan proyek yang ditinjau dari beberapa aspek, salah satunya adalah aspek financial (keuangan). Berdasarkan hasil perhitungan untuk proyek perumahan PuncaHaagen Temanggung dengan umur investasi 10 tahun berkesimpulan proyek dinyatakan layak berdasarkan aspek financial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Utami, A. B., Hamid, F. Z., & Onida, M. (2015). Pengaruh Harga, Pendapatan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di D’kranji Residence Tahap II Bekasi Barat. Epigram, 12(2).
Manopo, S. F. J., Tjakra, J., Mandagi, R. J., & Sibi, M. (2013). Analisis biaya investasi pada perumahan griya paniki indah. Jurnal Sipil Statik, 1(5).
DIWANTARI, W. P. (2016). ANALISIS Ekonomi Teknik Investasi Proyek (Studi Kasus Pada Hotel Zodiak Lampung).
Pratasis, P. A. K. (2013). PENGENDALIAN BIAYA DENGAN CASH FLOW STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KANTOR UNIVERSITAS X. TEKNO, 10(57).
Rukmana, S. H. (2017). Sistem pendukung keputusan tender proyek menggunakan metode Benefit Cost Ratio. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 5(2).
Published
2020-05-31
How to Cite
OktavianR. (2020, May 31). ANALISIS NILAI INVESTASI PROYEK PERUMAHAN. Device, 10(1), 38-44. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v10i1.1486
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times