PROTOTIPE SISTEM INFORMASI MASJID AL-MUHAJIRIN VILLA MUTIARA WANASARI CIBITUNG BEKASI BERBASIS WEB

  • sekar wulan wulandari universitas Banisaleh
  • Dicky Achmad Fadillah Universitas Bani Saleh
  • Siti Chodijah Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Manajemen Masjid, Digitalisasi, Prototipe, Sistem Informasi, Efesiensi, Pelayanan

Abstract

Penelitian ini, yang dilakukan pada Masjid Al-Muhajirin di Villa Mutiara Wanasari, Cibitung, Bekasi, bertujuan untuk mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam manajemen masjid. Dengan menggunakan metode prototipe, penelitian ini melibatkan langkah-langkah analisis kebutuhan yang mencakup keuangan, pelaksanaan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), pengelolaan kegiatan taklim, serta pembangunan dan pemeliharaan masjid. Selanjutnya, prototipe sistem informasi berbasis web dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang telah diidentifikasi. Setelah itu, prototipe ini diimplementasikan ke dalam manajemen masjid Al-Muhajirin dan diuji untuk memastikan kinerja dan fungsionalitas yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan keuangan dan pembangunan fisik masih mengandalkan metode tradisional seperti masjid-masjid konvensional lainnya. Sebagai respons terhadap temuan ini, penulis bertujuan untuk mengubah pola manajemen dengan menerapkan teknologi informasi, dengan harapan bahwa masjid ini akan menjadi lebih modern dan efisien dalam mengelola sumber daya serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada jama'ah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Siswidiyanto, S., Munif, A., Wijayanti, D., & Haryadi, E. 2020. Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi.
Hartati, T., Anastia, N., & Widyastuti, R. 2021. Penerapan SDLC Model Waterfall pada Rancang Bangun SI-PKP Direktorat Jenderal ILMATE Kementrian Perindustrian Jakarta.
Maryanah Safitri, Faridi, Maulidia, K., & Indriyani, L. 2020. Penerapan Model Prototype pada Sistem Informasi Penerimaan Karyawan
Lingkungan Hidup Berbasis Web. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi.
Imaniawan, F. F. D., & Elsa, U. M. 2017. Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Web Pada Vegas Hyper Purwokerto.
Syarif, W. N. 2018. Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Musirawas.
Asyikin, Arifin Noor. 2019. Pemerograman Web. Yogyakarta: Deepublish.
Malabay. 2016. Pemanfaatan Flowchart Untuk Kebutuhan Deskripsi Proses Bisnis. Jurnal Ilmu Komputer.
Firmansyah, Y., Purwaningtias, D., & Pratiwi, L. 2019. Prototype Sistem Informasi Pengolahan Dana Bos (Sip Bos) Berbasis Web Studi Kasus Sma N 1 Sekayam Kabupaten Sanggau.
Fridayanthie, & Mahdiati. 2016. RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERMINTAAN ATK BERBASIS INTRANET (STUDI KASUS KEJAKSAAN NEGERI RANGKASBITUNG).
Wicaksono, M. A., Rudianto, C., & Tanaem, P. F. 2021. Rancang Bangun Sistem Informasi Arsip Surat Menggunakan Metode Prototype.
Published
2023-11-29
How to Cite
wulandari sekar, FadillahD. A., & ChodijahS. (2023, November 29). PROTOTIPE SISTEM INFORMASI MASJID AL-MUHAJIRIN VILLA MUTIARA WANASARI CIBITUNG BEKASI BERBASIS WEB. Device, 13(2), 188-194. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v13i2.5718
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 129 times
PDF downloaded = 102 times