SISTEM PAKAR TROUBLESHOOTING JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

  • Muhamad Fuat Asnawi Universitas Sains Al-Quran
  • Yudi Yuswita Sunarto Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
Jaringan Komputer, Sistem Pakar, Certainty factor

Abstract

Seiring dengan meningkatnya pengguna internet, tentu meningkat pula kebutuhan akan infrastruktur jaringan yang menjadi media transmisinya. Banyak pengguna internet yang tidak mempunyai kompetensi di bidang teknologi informasi maupun jaringan komputer, akibatnya jika terjadi kerusakan pada perangkat jaringan internetnya akan kesulitan untuk memperbaiki sendiri dan memilih untuk menyerahkan perawatan dan perbaikan kepada yang lebih mengerti jaringan internet. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat memudahkan pengguna internet dalam mengidentifikasi kerusakan atau malfungsi pada jaringan internetnya, salah satunya yaitu dengan membangun sistem pakar troubleshooting jaringan komputer. Sistem pakar adalah suatu sistem informasi yang berusaha mengadopsi pengetahuan dari manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah layaknya seorang pakar. Salah satu metode yang digunakan dalam sistem pakar adalah Certainty factor (CF). Dalam CF dikenalkan konsep Measures of Belief (MB) atau ukuran kepercayaan dan Measures of Disbelief (MD) atau ukuran ketidakpercayaan. Berdasarkan hasil penelitian Sistem Pakar Troubleshooting Jaringan Komputer Menggunakan Metode Certainty factor (CF) dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa sistem pakar terlah dapat dioperasikan dan sesuai dengan perancangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hafshah, H., Hadisuwito, A. S., & Khairina, D. M. (2019). Pendeteksi Gangguan Jaringan Lokal Menggunakan Metode Certainty Factor. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(2), 60-64.
Sunarya, A., Santoso, S., & Sentanu, W. (2015). Sistem pakar untuk mendiagnosa gangguan jaringan lan. CCIT Journal, 8(2), 1-11.
Fanny, R. R., Hasibuan, N. A., & Buulolo, E. (2017). Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty Factor Dengan Penulusuran Forward Chaining. Jurnal Media Informatika Budidarma, 1(1).
Aksad, H., & Aditiya, F. (2019). Model Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Certainty Factor. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(3), 67-74.
Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Khotimah, B. K. (2010). Sistem Pakar Troubleshooting Komputer Dengan Metode Certainty Factor Menggunakan Probabilitas Bayesian (Studi Kasus Aboratorium Jaringan Komputer). Rekayasa, 3(1), 12-18.
Hidayat, M., & Baihaqy, M. A. M. (2021). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada RM Sinar Minang. SATESI: Jurnal Sains Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 21-25.
Published
2021-11-30
How to Cite
AsnawiM., & SunartoY. Y. (2021, November 30). SISTEM PAKAR TROUBLESHOOTING JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Device, 11(2), 39-47. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/device.v11i2.2168
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 464 times
PDF downloaded = 395 times

Most read articles by the same author(s)