Pengaruh Terpaan Media Youtube Satu Persen – Indonesian Life School Terhadap Pembentukan Sikap Remaja di Kota Bekasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan media Youtube Satu Persen – Indonesian Life School terhadap Pembentukan Sikap Remaja di Kota Bekasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan survey membagikan kuesioner kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah remaja di kota Bekasi yang mensubscribe dan menonton channel Youtube Satu Persen – Indonesian Life School dengan keseluruhan sampel yang dihitung menggunakan rumus slovin dan didapatkan 100 responden. Pendekatan teori yang digunakan adalah teori S-O-R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan media Youtube pada channel Satu Persen – Indonesian Life School berpengaruh positif terhadap pembentukan sikap remaja di kota Bekasi. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa ho ditolak dan ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara terpaan media Youtube Satu Persen – Indonesian Life School terhadap pembentukan sikap remaja di kota Bekasi.
Downloads
References
Cangara H. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Rajawali Press
David E.R., Sondakh M., Harilama S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap pembentukan sikap mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas sam ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).
Dwiani S. R., Prihantoro E. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Instagram @Najwashihab Dan Terpaan Informasi Terhadap Pembentukan Sikap Followes Dalam Menghadapi Covid-19. doi: 10.24014/Jrmdk.V2i4.11256
Effendy O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Maulana J. (2020). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Sosial Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Islam Kalimantan. Jurnal Mutakallimin. doi :10.31602/Jm.V4i1.4814
Onong Uchjana Effendy. (2001). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Pengguna internet Indonesia tahun 2022. (16 Oktober 2022). Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03%20/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
Pengguna Youtube di dunia pada kuartal II tahun 2022. (16 Oktober 2022). Diakses dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-youtube-di-dunia-capai-241-miliar-pada-kuartal-ii2022
Pertiwi D., Hasibuan E.J., Auza A. (2022). Pengaruh konten vlog akun youtube tasya farasya terhadap minat beli subscribers. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi, 4(1).
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.