Strategi Komunikasi Organisasi UKM HTQ Dalam Membentuk Karakter Islami Di IAIN Cirebon

  • Syarafina Aulia Phalosa Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Hanifa Julistiara Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Ahmad Fadhil Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
  • Fitriani Hayuningasih Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
Keywords:
: IAIN Sheikh Nurjati Cirebon, Islamic Character, Religion, Organizational Communication Strategy, Student Activity Unit.

Abstract

IAIN Syekh Nurjati Cirebon merupakan institusi yang berfokus pada bidang pendidikan. IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga sangat erat kaitannya dengan agama islam. Tentunya IAIN Syekh Nurjati Cirebon memiliki wadah untuk mahasiswa guna mengembangkan bakat yang mereka miliki khususnya dalam bidang keagamaan. Adapun salah satunya adalah UKM HTQ (Unit Kegiatan Mahasiswa Hay’atu Tahfidzil Qur’an). Dengan latar belakang pentingnya sebuah UKM HTQ dalam mengembangkan bakat di bidang keagamaan, UKM HTQ menjadi subjek penelitian sebagai unit kegiatan mahasiswa dalam bidang keagaamaan yang sudah berdiri sejak tahun 2012. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui strategi komunikasi organisasi yang mencakup kegiatan UKM HTQ yang ada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam membentuk karakter islami. Sasaran pada penelitian ini berfokus pada mahasiswa-mahasiswi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.  Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif yang dimana penelitian ini berupaya guna menganalisis fenomena secara observasional yaitu hubungan antara strategi komunikasi UKM HTQ dengan terbentuknya karakter islami di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dokumentasi dan dan di dalami menggunakan teknik wawancara semi-struktur untuk mendapatkan informasi yang spesifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UKM HTQ melakukan strategi komunikasi dari atas ke bawah dengan baik sehingga terciptalah hubungan yang harmonis. Adapun dengan adanya kegiatan yang diadakan oleh UKM HTQ, salah satunya adalah kegiatan bimbingan HTQ yang dibuka untuk mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang bisa membentuk karakter islami sebab dengan ini mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon bisa membaca Al-Qu’an dengan lancar dan tajwid yang sudah bagus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, S. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI MAHASISWA MELALUI IMPLEMENTASI KEGIATAN UNIT KEGIATAN MAHASISWA KEROHANIAN ISLAM (UKM-KI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Akhsan, M. N., & Priyoga, A. S. I. (2015). Perancangan Kawasan Gedung Kampus Universitas Pandanaran (dengan pendekatan desain arsitektur modern). Journal of Architecture, 1(1).
Arikunto, P. D. (2013). PROSEDUR PENELITIAN SUATU PENDEKATAN PRAKTIK. Jakarta: Rineka Cipta.
ISTIFADA, D. (2023). Peran Lembaga Dakwah Kampus (Ldk) Dalam Membentuk Mahasiswa Aktivis, Religius, Dan Berprestasi (Studi Kasus di UKM JQH UNISSULA Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Khanafi, M. (2018). Strategi Komunikasi Organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa Seni Musik Club IAIN Salatiga dalam Meningkatkan Perilaku Solidaritas Sosial (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA)
Mardawani, M. (2020). Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Morisan, P. (2022). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Muh. Fitrah, S.Pd M.Pd , Dr. Lutfiyah, M.Ag . (2017). METODELOGI PENELITIAN KUALITATIF, TINDAKAN KELAS & STUDI KASUS. Sukabumi: Jejak Publisher.
Muhammad Arkan, Enoh, Ayi Sobarna. (2020). Analisis Kegiatan Ekstraulikuler Rohani Islam (ROHIS) terhadap Pembentukn Karakter Islami di SMK N 1 Karawang . Bandung Conference Series : Islamic Education, 827.
Prof. Dr. Djam'an Sotari, M. ,. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Samsiyah, S. (n.d.). PENGEMBANGAN MINAT BAKAT TERHADAP PRESTASI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS ADI BUANA SURABAYA.
Situmorang, S. H., Muda, I., Doli, M., & Fadli, F. S. (2010). Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. USUpress.
Zamzami, W. S. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 25-35.
Published
2024-06-29

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times