Komunikasi Simbolik Habib Ja’far Al-Hadar di Media Sosial

Analisis Semiotika Perspektif Charles Sanders Pierce

  • Mugi Lestari Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo

Abstract

Dakwah tidak bisa dilepaskan dari simbol-simbol yang melekat pada diri da’i termasuk dakwah yang dilakukan oleh Habib Ja’far Al-Hadar pada ruang digital. Simbol-simbol yang melekat seperti gaya pakaian, bahasa, seting tempat memiliki pengaruh terhadap persepsi mengenai dakwah dan penerimaan pesan dakwah terutama pada generasi muda. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis konten dakwah pada akun media sosial milik @husein_hadar. Analisis konten dakwah dilakukan dengan mengamati secara langsung aktifitas dakwah yang dilakukan oleh Habib Ja’far Al-Hadar pada akun tersebut. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce untuk mengkaji tentang tanda, yang mana ia menggambarkan model tanda dengan teori Triadik. Tanda merupakan konsep utama yang dikaji, dan dianalisis, dimana dalam tiap-tiap tanda memiliki makna pesan yang dimaksud. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menemukan makna simbol-simbol yang melekat pada diri Habib Ja’far Al-Hadar dalam aktifitas dakwah dan untuk menemukan pengaruh simbol-simbol tersebut pada penerimaan pesan dakwah yang disampaikan oleh Habib Ja’far Al-Hadar. Penelitian ini menemukan bahwa simbol yang ada dalam konten dakwah Habib Ja’far Al-Hadar merupakan bentuk dari komunikasi simbolik, yang memiliki makna pesan yang penting untuk disampaikan kepada khalayak. Makna simbol-simbol itu memberikan pengertian bahwa Islam merupakan agama rahmatan lil alamin. Lebih dari itu simbol memberikan pengertian bahwa dakwah lebih penting melihat substansi isi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu F. (2021). Pemanfaatan Tik-Tok Sebagai Media Dakwah; Studi Kasus Ustad Syam, di akun @syam_elmarusy Ayu Febriana PEMANFAATAN TIK-TOK SEBAGAI MEDIA DAKWAH; STUDI KASUS USTAD SYAM, DI AKUN @syam_elmarusy. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2
Fitria Wulandari, S., & Rakhmawati, Y. (2018). KOMODIFIKASI HALAL PADA IKLAN (SEMIOTIK CHARLES SANDERS PIERCE TERHADAP IKLAN “FRESHCARE” MINYAK ANGIN AROMATHERAPY) (Vol. 12, Issue 1). http://journal.ubm.ac.id/
Hadi, A. (2022). Peran Tokoh Tasawuf dan Tarekat Nusantara dalam Dakwah Moderat.
Iskandar. (2016). DAKWAH MELALUI JURNAL Iskandar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare.
Junaidi. (2020). Memahami Psikologi Audiens Dalam Dakwah. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 11(1), 12–19. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i1.1827
Kusumastuti, R. D., & Diana, M. (2015). ANALISIS SEMIOTIKA PADA COVER MAJALAH TEMPO EDISI TANGGAL 23 FEBRUARI-1 MARET 2015.
Lestari, P. P. (2020). DAKWAH DIGITAL UNTUK GENERASI MILENIAL. In Jurnal Dakwah (Vol. 21, Issue 1).
Mardiana, R. (2020). Daya Tarik Dakwah Digital Sebagai Media Dakwah untuk Generasi Milenial. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10, 148–158. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2
Musdalifah, I., & Salisah, N. H. (2022). Cyberdakwah: Tiktok sebagai Media Baru. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 12, 176–195. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2
Ode, W., Nurhaliza, S., & Fauziah, N. (2020). Komunikasi Kelompok dalam Virtual Community. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10, 18–38. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2
Parhan, M., Riezky, P. A., Alifa, S., & Riezky Sarah Alifa, P. (2020). Analisis Metode Baru Dakwah Hanan Attaki Di Era Konvergensi Media:(Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @Hanan_Attaki) ANALISIS METODE BARU DAKWAH HANAN ATTAKI DI ERA KONVERGENSI MEDIA (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @hanan_attaki). Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10, 175–196. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2
Reza Pahlevi. (2023). dakwah habib ja’far al hadar. Ilmu Sosial, vol.1 No 2, 141–153.
Rofidah, L. (2021). Urgensi Psikologi Massa dalam Perencanaan Dakwah di Youtube. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 12(2), 105–113. https://doi.org/10.32505/hikmah.v12i2.3008
Siregar, M. (2021). Partisipasi Organisasi Keagamaan Dalam Penyiaran Dakwah Islam di Kota Langsa. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 12(2), 78–90. https://doi.org/10.32505/hikmah.v12i2.3438
Sri, D. P., Indriani, S., Prasanti, D., & Sri, &. (2016). SIMBOL DALAM KOMUNITAS “BROTHERHOOD”] PEMAKNAAN SIMBOL DALAM KOMUNITAS ‘BROTHERHOOD’ (Konstruksi Makna Simbol Sebagai Identitas Diri dalam Komunitas ‘Brotherhood’ di Bandung).
Sunaryanto, & Rofi Syamsuri, A. (2022). Semiotika Dakwah Digital dalam Meme Ajakan Salat Jumat. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 12, 103–124. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2
Suyanto, B. (2006). Bahasa Gaul: Kreativitas Linguistik Kaum Muda.
Ulfa, R., & Bunda Mulia, U. (2016). ANALISIS SEMIOTIKA PEIRCE PAKAIAN JENIS GAMIS SEBAGAI REPRESENTASI BUDAYA ARAB.
Yuwafik, M. H., & Muhid, A. (2020). Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Remaja Islam Wonorejo Malang. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10, 217–230. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2
https://style.tribunnews.com/amp/2022/04/18/pakai-jersey-juventus-saat-dakwah-santai-habib-husein-jafar-jadi-sorotan-ustaz-gaul-kekinian
https://amp.suara.com/entertainment/2022/05/16/163940/viral-onadio-leonardo-mulai-tertarik-islam-gegara-habib-jafar-ayo-bisa-onad
Published
2023-12-29

STATISTICS

Abstract viewed = 242 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 117 times