Analisis Proses Produksi Program Acara Dakwah Shihab & Shihab di Narasi TV

  • Yolandha Rakatiwi Universitas Islam Negeri Profesor Kyai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Dr. Umi Halwati

Abstract

Narasi TV merupakan media yang hadir sebagai ruang bagi kaum muda untuk bertukar ide dan beradu gagasan melalui program-programnya di kanal media social Youtobe, Facebook, Instagram, twitter dan website. Narasi.tv menghadirkan program mulai dari perbincangan, reportase, kemasan dokumenter, opini, dakwah dan ruang interaksi. Salah satu program yang menarik untuk dijadikan penelitian yaitu program Shihab & Shihab di Narasi.tv. Suatu program perlu mengemas tayangan dengan kreatif agar dapat menarik perhatian. Dalam pelaksanaan proses produksi memerlukan proses yang panjang untuk menciptakan program-program acara yang berkualitas dan kreatif. Berdasarkan latar belakang ini, peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan judul “Analisis Proses Produksi Program Shihab & Shihab di Narasi.tv”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dari Youtube, Facebook, Instagram dan Website serta menggunakan kajian terdahulu yang diperoleh dari buku literatur, internet dan jurnal. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan proses produksi program acara Shihab & Shihab dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pra produksi yang meliputi rapat perencanaan produksi, pembuatan TOR, pembuatan rundown, dan menempatkan penempatan kamera. Untuk tahap proses produksi, produser bersama tim merekam gambar di studio dan memantau rekaman gambar yang sedang berlangsung di dalam ruang master control room. Dan terakhir pascaproduksi editing yang dilakukan adalah pengecekan terhadap gambar yang telah diambil oleh kameramen serta memberikan tanda pada bagian gambar yang nantinya harus dihilangkan atau tidak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamal, H.,& Fachruddin, A. (2017). Dasar-dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi: Edisi 2. Prenada Media.
Fachir Yusuf, Analisis Proses Produksi Program Berita Radio Metro Mulawarman Samarinda,” Volume 4, no. 3, tahun 2016
Idris, A. (2016). Analisis Proses Produksi Program Inspirasi Islam di iNews Tv Makassar [PhD Thesis]. Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Jerry Indrawan, KEHADIRAN MEDIA BARU (NEW MEDIA) DALAM PROSES KOMUNIKASI POLITIK, Volume 8 nomor 1 tahun 2017
Kasiyanto Kasemin, Prenada Media : 2015, Agresi perkembangan teknologi informasi : sebuah bunga rampai hasil pengkajian dan pengembangan penelitian tentang perkembangan teknologi informasi.
Khoerun Nisa Dyah P.M, 2021, Manajemen Produksi Program Shihab & Shihab di Narasi.TV (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Mulyana, Deddy. 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif “Paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Yoedtadi, M. G., Pribadi, M. A., & Siswoko, K. H, Proses produksi acara siaran langsung televisi untuk menghasilkan acara yang layak tonton. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 157–170 tahun 2017.
Badri,A.Z,PerencanaanProduksi.https://zulidamel.wordpress.com/2008/01/14/perencanaan-produksi/ diakses 14 januari 2018.
https://www.idntimes.com/news/indonesia/santi-dewi/cerita-najwa-shihab-takut- tidak-bisa-gaji-pegawai-awal-bentuk-narasi diakses pada Rabu, 12 Februari 2020, pukul 14.28
https://marketeers.com/najwa-shihab-bicara-soal-masa-depan-narasi-tv/ diakses pada Rabu, 15 Januari 2020 pukul 23.04 WIB.
https://www.narasi.tv/pages/corporates-information diakses pada Minggu, 11 Oktober 2020, pukul 17.41 WIB.
https://www.narasi.tv/pages/corporates-information diakses pada Minggu, 11 Oktober 2020 pukul 17.35 WIB.
Published
2023-06-12

STATISTICS

Abstract viewed = 158 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 140 times