Pola Komunikasi Guru Terhadap Siswa Tunarungu
Studi Kasus Siswa Sekolah Dasar di SLB-B Don Bosco Wonosobo
komunikasi, tunarungu, pola komunikasi
Abstract
Komunikasi merupakan hal yang mendasar yang dilakukan setiap manusia dalam kehidupannya untuk menyampaikan keinginan atau mempertahankan suatu persetujuan melalui komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan untuk menyampaikan gagasan atau perasaan seseorang terhadap orang lain menggunakan lambang sehingga pesan yang disampaikan jauh lebih dipahami. Tidak semua orang dapat melakukan komunikasi dengan baik, seperti anak tunarungu wicara yang memiliki gangguan mendengarkan yang menyebabkan proses berbicara terhambat karena tidak mampu mendengarkan apapun. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus yang menekankan pada pengumpulan informasi mendalam dengan mengamati langsung objek yang ada di SLB-B Don Bosco Wonosobo yaitu Siswa Sekolah Dasar, kemudian menghasilkan data secara deskriptif berupa kata-kata. Teknik pengumpulan data melaluli wawancara, observasi dan dokumentasi yang nantinya keabsahan data diuji melalui redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pola yang digunakan saat pembelajaran diawali oleh siswa guna memancing keaktifan siswa di forum dan mengasah kemampuan berbicara. Komunikasi yang digunakan menggunakan metode oral atau bahasa bibir yang disertai dengan bahasa isyarat dan bahasa tulis untuk mempertegas.
Downloads
References
Murthada Muthahri. (1995). Society and History, diterjemahkan oleh M. Hassan dengan judul Sejarah dan Masyarakat. Cet.V. Bandung: Mizan, hal. 15.
Abdurachman. (2007). Pendidikan Luar Biasa Umum. Yogyakarta: Bukit Tinggi. Hlm. 53
Neong Muhadjir. (2000). Metode Penelitian Kualitatif, Ed.IV. Yogyakarta: Rake Sarasin. hal. 183-184.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. hal. 145.
M Imanudin Al Hakim. 2014. Pola Komunikasi Penanaman Doktrin Perjuangan Organisasi. Skripsi. hal. 15.
Anita, Trisiah. (2019). Dampak Tayangan Toleransi Pada Pola Komunikasi Anak. Jurnal Inovasi. 13, 1. hal. 9.
Arni Muhammad. (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara. hal. 95.
Arni Muhammad. (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara. hal. 130.
Azeharie Suzy dan Nurul Khotimah. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Pantai Sosial Taman Penitipan Anak “Melati”. Bengkulu. Jurnal Pekommas. 18 (3), hal. 215.
Fifi Nofiaturrahmah. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Jurnal iainkudu s.ac.id. 6 (1), hal. 3.
Efendi dan Mohammad. (2006). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Kasara. hal. 248.
Skripsi Nur Sa’idah. (2009). Kesulitan Mengartikan Konsep Abstrak Dalam Pembelajaran PAI Pada Anak Tunarungu Di SLB Muhammadiyah Lamongan Jawa Timur. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Skripsi. hal. 22
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.