NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP KATYA TATIK PUDJIANI DAN BAGUS MUSTAKIM CETAKAN TAHUN 2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP karya Tatik Pudjiani dan Bagus Mustakim cetakan tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi. Data primer yang digunakan adalah isi buku teks, sedangkan data sekunder berasal dari artikel jurnal yang relevan. Fokus kajian meliputi nilai-nilai multikultural seperti toleransi, kesetaraan, keadilan, dan humanis yang terintegrasi dalam materi pelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ini secara konsisten mengangkat nilai-nilai multikultural melalui pendekatan tematik, historis, dan kontekstual. Nilai toleransi ditemukan dalam Bab 2, 5, 6, dan 8; nilai kesetaraan dan keadilan muncul dalam Bab 5 dan 9; sementara nilai humanis tampak dalam Bab 1 dan 3. Buku ini juga mendukung pembentukan karakter siswa melalui rubrik reflektif seperti Aku Pelajar Pancasila, Inspirasiku, dan Mari Bertafakur. Meskipun demikian, ditemukan beberapa kelemahan seperti kurangnya eksplorasi nilai-nilai lokal dan isu kontemporer yang relevan dengan realitas generasi Z. Kesimpulannya, buku ini merupakan sarana potensial dalam membentuk peserta didik yang berwawasan multikultural, toleran, dan berkarakter inklusif sesuai semangat Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila.
Downloads
References
Abdurrohman, Asep -, et al., “Pendidikan Karakter Dan Buku Teks Sekolah Dasar: Studi Analisis Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Pai Dan Relevansinya Dengan Budaya Tutur Peserta Didik,” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 19.2 (2023), hal. 19–35, doi:10.31000/rf.v19i2.9290
Adisusuilo, Sutardjo, Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Aktif (Raja Grafindo Persada, 2013)
Afni Laila Nafi’ah, Hilmy Mahya Masyhuda, “Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Buku Teks di Sekolah Dasar Kelas Atas,” Jurnal Bahasa Indonesia, 4.1 (2021), hal. 65–86
Akyun, Qurrota, dan Yuni Pratiwi, “Materi Tata Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Tingkat SMP Kelas VIII,” JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4.2 (2024), hal. 101–15, doi:10.17977/um064v4i22024p101-115
Albi Anggito, Metodologi Penelitian Kualitatif (Sukabumi, 2018)
Ali, Muhammad, Teologi Pluralis-Multikultural: Menghargai Kemajemukan Menjalin Kebersamaan (Kompas, 2003)
Amin, Muh, “Pendidikan Multikultrual,” Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 9.1 (2018), hal. 24–34
Amirudin, Noor, “Pendidikan Humanisme dalam Prespektif Islam,” 11.1 (2017), hal. 1–14
Andersen, Multiculturals and Intercultural Studie (Prentice-Hall, 1994)
Arfa, Arman Man, dan Mohammad Amin Lasaiba, “Pendidikan Multikultural dan Implementasinya di Dunia Pendidikan,” Geoforum, 1.2 (2022), hal. 111–25, doi:10.30598/geoforumvol1iss2pp111-125
Aries Veronica, Metode Penelitian Kuantitatif (PT Global Eksklusif Teknologi, 2022)
Asiah, Nur, “Sikap Keberagaman Multikultural Peserta Dididk di Lembaga Pendidikan Dasar Islam,” 2019
Azzahra, Gusnia Fatimah, Masduki Asbari, dan Annisa Shintya Ariani, “Pendidikan Multikultural: Menuju Kesatuan Melalui Keanekaragaman,” Journal of Information Systems and Management, 2.6 (2023), hal. 1–7
Efianingrum, Ariefa, et al., “Kesadaran multikultural generasi Z dan implikasinya pada pendidikan,” Humanika, 22.1 (2022), hal. 1–20, doi:10.21831/hum.v22i1.49102
Farida, Yushinta Eka, “Humanisme Dalam Pendidikan Islam,” Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 12.1 (2015), hal. 105–20
Hadi, Abdul, et al., “Pendidikan Multikultural sebagai Landasan Pengembangan Karakter untuk Mempersiapkan Gen Z di Tengah Perbedaan Budaya Multicultural Education as a Cornerstone of Character Development to Prepare Gen Z in the Midst of Cultural Differences,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.4 (2024), hal. 134–43
Hakim, Lukman, dan Abdul Haris, “Pendidikan Agama Islam (PAI) Multikultural Prespektif Pembelajaran Integratif,” 7.1 (2024), hal. 117–36
Hammerich, Karin F., “Commentary on a framework for multicultural education,” Journal of the Canadian Chiropractic Association, 58.3 (2014), hal. 280–85
Harun, Harun, Mus Mujiono, dan Asiyah Asiyah, “Implementasi Nilai-Nilai Multikultural pada Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tinjauan Buku Teks PAI dan Budi Pekerti Kelas X SMK,” Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5.1 (2022), hal. 74–84, doi:10.31539/joeai.v5i1.3791
Hidayati, Lili, “Kurikulum 2013 Dan Arah Baru Pendidikan Agama Islam,” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19.1 (1970), hal. 60–86, doi:10.24090/insania.v19i1.464
Hujair AH, Dinamika Perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia (Kaukabaaaa, 2016)
Ibrahim, Rustam, “Pendidikan Multikultural: Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam,” Addin, 7.1 (2013), hal. 1–26
Idris, Saifullah, dan Tabrani ZA, “Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam,” Jurnal Bimbingan Konseling, 74.1 (2017), hal. 96–113, doi:10.1097/00001888-199901001-00046
Jamilah, Siti, et al., “Strategi Implementasi Pendidikan Multikultural di Era Globalisasi,” Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1.10 (2024), hal. 6850–57
Mahsun, “Konsep Dasar Pendidikan Islam dan Karakter,” Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1.1 (2021), hal. 50–72
Maulidia Ilham, “Pentingnya Pendidikan Multikultural dan Sikap Toleransi di Lingkungan Belajar,” 2016, hal. 1–23
Meyniar Albina, et al., “Integrasi Nilai-Nilai Multikulturalisme Dalam Pendidikan (Suatu Alternatif Menumbuhkan Rasa Persaudaraan & Saling Menghormati),” Cemara Education and Science, 2.1 (2024), hal. 26–36, doi:10.62145/ces.v2i1.62
Mo’tasim, Mo’tasim, Moh. Kalam Mollah, dan Ifa Nurhayati, “Konsep Pendidikan Multikultural dalam Pandangan Banks,” FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 15.1 (2022), hal. 72–90, doi:10.32806/jf.v15i01.5863
Mufrizal, Muhammad, dan Mukhamad Ilyasin, “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,” Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 5.1 (2024), hal. 1–10
Mughni, Syafiq A, Pendidikan Berbasis Multikultural (Pustaka Pelajar, 2009)
Muh Ibnu Sholeh, et al., “Optimizing the Use of Learning Equipment To Improve Education At Man 2 Tulungagung,” Edusiana Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 11.1 (2024), hal. 1–21, doi:10.47077/edusiana.v11i1.479
Muslich, Mansur, Text Book Writing (Ar-Rizz Media, 2010)
Nasith, Ali, “Membumikan Paradigma Sosial-Humanis dalam Pendidikan Agama Islam,” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10.2 (2021), hal. 653–70, doi:10.30868/ei.v11i01.2350
Nuraini, “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Kegiatan Ekstrakulikuler Rohaniah Islan dalam Membina Karakter Peserta Didik di SMA Negeri 1 Air Putih Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara,” Jurnal Ansiru PAI, 3.2 (2019), hal. 51
Prastasya, Dinda Aini, et al., “Pendidikan Multikulturalisme dalam Membentuk Karakter Cinta Tanah Air pada Generasi Z,” 3 (2023), hal. 25–28
Rahardjo, Turnomo, “Menghargai Perbedaan Kultural: Mindfulness dalam Komunikasi antar Etnis” (Pustaka Pelajar, 2005), hal. 1
Romadhona, Harri, dan Zulfairah, “Kontribusi Pendidikan Multikultural dan Nilai-Nilai Tradisional Terhadap Pembentukan Karakter Siswa,” 1.2 (2023), hal. 59–65
Rustam Ibrahim, “Pendidikan Multikultural,” Jurnal Addin, 7.1 (2023)
Sahar, Junaiti, “Kritik Pada Penelitian Kualitatif,” Jurnal Keperawatan Indonesia, 12.3 (2008), hal. 197–203, doi:10.7454/jki.v12i3.222
Salim, Agus, dan Wedra Aprison, “Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal,” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3.1 (2024), hal. 22–30
Setya Raharja, “Implementasi Nilai-Nilai Multikulturalisme,” Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 5.1 (2019), hal. 10
Sibaweh, Imam, “Pertimbangan Multikultural Dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa,” Jurnal Kependidikan, 13.3 (2024), hal. 3896–904, doi:10.59141/japendi.v4i11.2233
Sidik, Humar, dan Ika Putri Sulistyana, “Hermeneutika Sebuah Metode Interpretasi Dalam Kajian Filsafat Sejarah,” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11.1 (2021), hal. 19, doi:10.25273/ajsp.v11i1.6224
Susanto, Willy, dan Gede Budarsa, “Pemahaman Multikultural Pada Generasi Z Melalui Program Peniti (Peaceful in Diversity) di Madrasah Aliyah Tawakkal Kota Denpasar,” 9.1 (2025), hal. 10383–96
Suwandi, Edy, Metodoligi Penelitian (PT Scifientech Andrew Wijaya, 2022)
Triana, Ulfa, “Tinjauan Terhadap Buku Teks Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Sekolah Dasar Di Kabupaten Lampung Selatan,” Tesis, 2021, hal. 1–110
Uluk, Embang, “Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Materi Teks Editorial Dengan Model Discovery Learning Berorientasi Hot Melalului Google Classroom,” Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1.2 (2021), hal. 96–102, doi:10.51878/edutech.v1i2.427
Vivin Anggraeni, “Peran Guru Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di SMP Setia Budi Sungailiat” (IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik, 2019)
Wahdiah, Radjiman Ismail, dan H. Moh. Natsir Mahmud, “Dimensi Pendidikan Multikultural,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9.1 (2023), hal. 571–80
Wales, Rexdave, “Pendidikan Multikultural di Indonesia,” 1.1 (2022), hal. 1–17, doi:10.11111/nusantara.xxxxxxx
Watoni, M Saipul, “Integritas Pendidikan Multikultural dalam Implementasi Kurikulum 2013,” As-Sabiqun, 1.1 (2019), hal. 142–62, doi:10.36088/assabiqun.v1i1.343
Yusuf, M, “Pendidikan Agama di Sekolah Berbasis Agama Serta Pengaruh Negara dan Organisasi Keagamaan Pada Kebijakan Sekolah,” Jurnal Masyarakat Indonesia, 1 (2014)