Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ad-Diba Karya Al-Imam Al-Jalil Abdurrahman AdhDiba'i
nahdia_123
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Mengetahui isi dan kandungan Kitab Ad-Diba’ karya Al-Imam Al-Jalil Abdurrahman Ad-Diba’i. 2. Untuk menganalisis konsep nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam kitab Ad-Diba’ karya Al-Imam Al-Jalil Abdurrahman Ad-Diba’I tentang sanjungan dan kemuliaan akhlak Rasulullah Saw. 3. Mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ad-Diba’ karya Al-Imam Al-Jalil Abdurrahman Ad-Diba’i. Sehingga tidak hanya dijadikan sebagai lantunan syair atau nyanyi an shalawat, namun juga dapat dijadikan sebagai upaya pengembangan pendidikan karakter baik di lembaga pendidikan maupun di lingkungan masyarakat luas.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kepustakaan (Library Research), karena semua sumber yang dibutuhkan dan digali dari pustaka. Penelitian kepustakaan (Library Research) adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu.
Downloads
References
Ghanna Annabawiyyah: Kandangan.
Abu al-Ainaini, Ali Khalil. 1980. Falasafah at-Tarbiyah al-Islamiyah fi Al-Qur’an Al-Karim.
Kairo: Dar al Fikral-Arabi.
Adib. 2009. Burdah, antara Qasidah, Mistis, dan Sejarah. Yogyakarta: Pustaka Pesantren
dan LkiS.
Affandi, Haryanto. 2017. Panduan Penulisan Skripsi. Wonosobo : Unsiq Press.
Ahmad, Imam bin Hambal. 1991. Musnad Imam Ahad bin Hambal. Jilid II. Beirut: Dar al-
Fikr.
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. 1975. At-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha. Kairo:
Isa al-Bab al-Halabi.
Al-Attas, Naquib. 1979. Aims and Onjectives Of Islamic Educations. Jeddah: King Abdul
Aziz Univercity.
Al-Musanna, Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal Untuk Pendidikan Karakter Melalui Evaluasi Responsif, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 16. Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementeriaan Pendidikan Nasional.
Arifin. 2000. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi. 1992. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan. Semarang: Aditya Media.
an-Nahlawi, Abd ar-Rahman. 1992. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam. Bandung:
Diponegoro.
Asnawi, Ulinuha. 2019. Qaisidah Burdah,
Anwas, Oos M. Televisi Mendidik Karakter Bangsa: Harapan dan Tantangan, Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 16. Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang,
Kementerian Pendidikan Nasional.
Azwar, Saifuddin. 2015. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Baidan, Nashruddin dan Erwati Aziz. 2016. Metodologi Khusus Penelitian Tafsir.
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Bisri, Adib dan KH Munawwir A Fatah. 1999. Kamus Al-Bisri. Surabaya: Pustaka Progresif.
Daud Ali, Muhammad. 1998. Pendidikan Agama Isla. Jakarta: Raja Grafindo.
Jalaluddin. 2001. Teologi Pendidikan. Cet I. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Judiani, Sri. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Pengamatan
Pelaksanaan Kurikulum, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol, 16 Edisi khusus III,
Oktober 2010, Balitbang Kementrian Pendidikan Nasional.
Koesoema A, Donni. 2009. Pendidikan Karakter di Zaman Keblinger, Mengembankan Visi
Guru Sebagai Pelaku Perubahan Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Masykuri. 2009. Burdah Imam Al-Bushiri Qasidah Cinta dari Tepi Nil untuk Sang Nabi.
Pasuruan: Pustaka Sidogiri.
Manab, Abdul. 2015. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Yogyakarta : Kalimedia.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam, Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muliawan, Jasa Ungguh. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan : dengan Studi Kasus. Yogyakarta : Gava Media.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Cet. Ke-III, (Jakarta: Prenada Media Group.
Poerwodarminta, W.J.S. 2006. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2008.
Q-Annes, Bambang & Adam Hambali. 2009. Pendidikan Karakter Berbasis Qur’ani. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
QS. [4] al-Hujarrat: 13.
Roqib. Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS Printing Cermelang.
Romadhoni, Safitri. 2017. Pendidikan Akhlak dalam Shalawat Burdah karya Imam Al-Bushiri. Surakarta: IAIN.
Suharto, Toto dan Suparmin. 2013. Pendidikan Kritis dalam Prespektif Islam Telaah Epistemologi. IAIN Surakarta.Suprapti. 2013. Pengantar Pendidikan Untuk Perguruan Tinggi Islam. Kartasura: FKP IAIN Surakarta.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Syukur, M. Amin. Studi Akhlak. 2010. Semarang: Wali Songo Press.
Tanzeh Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta : Teras.
Wellek, R. dan Warren, A. 1990. Teori Kesusastraan. Terjemahan Melani Budianta. Jakarta:
PT Gramedia.
Yasin, Sulkan dan Sunarto Hapsoyo. 1990. Kamus Bahasa Indonesia. Surabaya: Mekar.
Zuriah Nurul. 2002. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan,
Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan Fururistik. Jakarta: Bumi Aksara.