PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA SMP FILIAL PGRI WONOSOBO

  • Leni Nur Arifah Universitas Sains Al qur'an
Keywords:
Model Pembelajaran, Project Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII SMP Filial PGRI Wonosobo tahun ajaran 2023/2024; 2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PAI sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas VIII SMP Filial PGRI Wonosobo tahun ajaran 2023/2024; 3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI menggunakan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas VIII SMP Filial PGRI Wonosobo tahun ajaran 2023/2024.

Skripsi ini menggunakan Pendekatan penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen dimana jenis penelitiannya bersifat Pre-experimental design (one group pretest-posttest design). Sempel dalam penelitian ini yaitu 18 siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan (observation), wawancara (interview), Dokumentasi, dan Test (pretest-posttest). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar pretest dan posttest, lembar dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji pendahuluan, uji n-gain, dan uji t test.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran project based learning diawali dengan memberikan pertanyaan mendasar kemudian, pengerjaan proyek dan di akhiri dengan evaluasi pengalaman proyek. 2)  Berdasarkan perolehan hasil uji t dimana t hitung > t tabel dimana skor t hitung 11,8 > 0,05 menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar PAI sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran project based learning pada siswa kelas VIII SMP Filial PGRI Wonosobo. 3) peningkatan hasil belajar PAI pada siswa kelas VIII SMP Filial PGRI Wonosobo menggunakan model pembelajaran project based learning ini di perkuat dengan perolehan hasil uji n-gain 0,57 yang berada pada taraf sedang dan 57% yang berada pada kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VIII cukup efektif dengan kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduillah, Ma’ruif. 2015. Meitodei Peineilitian Kuiantitatif. Ceit. 1; Yogyakarta: Aswaja Preissindo.
Fathoni, A. 2011. Meitodei Peineilitian & Teiknik Peinyuisuinan Skripsi. Ceit. 2; Jakarta: Rineika Cipta.
Hamalik, Oeimar. 2014. Proseis Beilajar Meingajar. Ceit. 16; Jakarta: PT Buimi Aksara.
Heilmiati. 2012. Modeil Peimbeilajaran. Yogyakarta: Aswaja Preissindo.
Luifri, dkk. 2017. Meitodologi Peimbeilajaran : Strateigi, Peindeikatan, Modeil, Meitodei Peimbeilajaran. Ceit. 1; Puirwokeirto : CV. IRDH.
Majid, Abduil. 2017. Peinilaian Auiteintik Proseis dan Hasil Beilajar. Ceit. 3; Banduing; PT Reimaja Rosdakarya.
Suigiyono, 2017. Statistik Uintuik Peineilitian. Ceit. 29; Banduing: Alfabeita.
Suigiyono. 2019. Meitodei Peineilitian Kuiantitatif, Kuialitatif dan R&D. Ceit. 1; Banduing: Alfabeita.
Suigiyono. 2019. Statistika Uintuik Peineilitian. Ceit. 30; Banduing: Alfabeita.
Published
2024-06-27
How to Cite
ArifahL. (2024, June 27). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA SISWA SMP FILIAL PGRI WONOSOBO. Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 4(1), 15-19. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/alphateach.v4i1.6490

STATISTICS

Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times