IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 1 WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Implementasi, Demonstrasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran fiqih pada MAN 1 Wonosobo tahun pelajaran 2021/2022; dua) Mengetahui refleksi siswa dalam penerapan metode pembelajaran demonstrasi di mata pelajaran fiqih pada MAN 1 Wonosobo tahun pelajaran 2021/2022; tiga) Mengetahui faktor pendukung serta penghambat penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MAN 1 Wonosobo tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitiannya bersifat naratif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, serta juga dokumentasi. kemudian, asal data diperoleh dari berasal data primer serta sekunder (Wawancara eksklusif memakai subjek penelitian, serta dokumentasi berupa foto, data – data, serta lain sebagainya). Adapun teknik analisis yang dipergunakan ialah menggunakan analisis kualitatif yang terdiri berasal tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih di MAN 1 Wonosobo menggunakan tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan juga evaluas; 2) Dalam pembelajaran fiqih dengan menggunakan metode demonstrasi siswa merasa antusias, menjadi lebih aktif, dan juga lebih mudah dalam memahami materi yang sedang diajarkan; 3) Dalam implementasi metode pembelajaran demonstrasi dalam pembelajaran fiqih terdapat faktor pendukung dan juga faktor penghambat, slah satunya yaitu adanya guru yang sudah profesional di bidang ilmu fiqh dan juga kesiapan guru pengampu, sedangkan faktor penghambatnya salah satunya yaitu, daya pikir yang dimiliki oleh siswa berbeda – beda yang menyebabkan ada beberapa siswa yang tidak langsung paham dengan materi yang sedang diajarkan.
Downloads
References
Sukadari. 2017. Ilmu Pendidikan Seri 1 (Konsep Dasar), Yogyakarta: Cipta Bersama.