DINAMIKA PSIKOLOGI GURU
Abstract
Dalam proses pendidikan secara menyeluruh, khususnya pendidikan yang diselenggarakan di sekolah, peran guru adalah yang paling utama. Perilaku guru di dalam proses penyelenggaraan pendidikan dapat dikatakan sebagai penentu dalam upaya pembinaan dan pengembangan kepribadian peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang dinamika psikologis guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data yang diperlukan dikumpulkan melalui studi pustaka, selanjutnya dilakukan interpretasi untuk mendeskripsikan tentang proses sekaligus suasana kejiwaan internal guru dalam menghadapi dan menentukan solusi atas konflik yang dimiliki, yang dicerminkan oleh pandangan atau persepsi, sikap dan emosi, serta perilakunya. Melihat begitu kompleksnya peran dan tugas profesional yang diemban seorang guru, maka permasalahan psikologis dapat muncul dalam diri guru. Sumber masalah psikologis guru dapat berupa kesenjangan intra pribadi, antar pribadi dan antar kelompok di lingkungan kerja guru. Banyak guru yang merasakan konflik berlarut-larut hingga di kemudian hari berkembang menjadi frustrasi. Guru yang berada dalam situasi frustrasi akan terganggu kinerjanya dalam melaksanakan tugas-tugas profesionalnya. Namun begitu, masih ada upaya-upaya untuk meminimalisir masalah-masalah psikologis guru, antara lain mengembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME dalam diri guru, meningkatkan pemahaman diri dan lingkungan, meningkatkan kemampuan membuat keputusan secara tepat, meningkatkan persiapan kinerja secara terencana, meningkatkan pengendalian diri yang disertai dengan sikap yang matang, meningkatkan keterampilan sosial dan pribadi untuk mewujudkan pribadi yang matang serta kemampuan sosial yang baik, dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk menunjang suasana kehidupan damai di lingkungan keluarga, lingkungan kerja, hingga lingkungan masyarakat.