PENGGUNAAN PERMAINAN LEMPAR DADU AJAIB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PADA KELOMPOK A DI RA NURUL JAMAL
Abstract
Kemampuan mengenal angka anak di RA Nurul Jamal masih tergolong rendah. Terdapat anak masih mengalami kesulitan menghubungkan simbol dengan angka karena pembelajaran yang masih menggunakan media klasikal seperti papan tulis. Permainan lempar dadu ajaib adalah permainan modifikasi yang digunakan untuk meningkatkan pada aspek kognitif khususnya pada kemampuan mengenal angka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi, dengan instrumen yang digunakan berupa lembar penelitian catatan observasi, dokumentasi berupa foto, rencana pelaksanaan pembelajaran harian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan lempar dadu ajaib efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A menunjukkan bahwa pada pra siklus 31,57%, kemudian pada siklus I sebesar 63,15%, kemudian pada siklus II, terjadi peningkatan dengan hasil mencapai 84,21%. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan mengenal angka anak melalui permainan lempar dadu ajaib RA Nurul Jamal.
Kata Kunci: mengenal angka; lempar dadu ajaib; Anak usia dini