MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN

  • Hendi Ade Putra Ramadhan Universitas Sains Al-Qur'an
  • Abdul Majid Universitas Sains Al-Qur'an
  • Fatiatun Fatiatun Universitas Sains Al-Qur'an

Abstrak

Pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu faktor yang mempengaruhi masalah pendidikan adalah pendidik itu sendiri. Secara umum pendidik adalah mereka yang bertanggung jawab terhadap perkembangan dan kemajuan dari peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik di SMK Al-Fatah Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Konsep manajemen Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam di sekolah berbasis pesantren SMK Al-Fatah Banjarnegara berfokus pada pengelolaan kurikulum yang lebih fleksibel, inklusif, dan berbasis pada kebutuhan yang diperlukan oleh peserta didik, 2) Penerapan Manajemen Kurikulum Merdeka Pendidikan Agama Islam di sekolah berbasis pesantren SMK Al Fatah Banjarnegara memiliki empat proses yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan P5, 3) Faktor Pendukung dan Penghambat ada empat yaitu: Guru yang berkualitas, siswa yang berkualitas, sarana prasarana yang memadai, dan teamwork yang solid. Sedangkan factor penghambatnya ialah kurangnya pelatihan bagi guru dalam memahami dan menerapkan kurikulum merdeka secara efektif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Zuhairini. 2015 Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Oemar, H. (2011). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fandy, M. (2011). Pendidikan Karakter dalam Konsep Ta’dib Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lexy, J. M. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Samsul, N. (2011). Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, Teoritis, Dan Praktis Jakarta: Intermasa.
Nana, S. S. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Akhyak. (2005). Profil Pendidik Sukses. Surabaya: Lembaga Kajian Agama dan Filsafat.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Yogyakarta: Media Wacana Press.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Diterbitkan
2025-01-02