ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN SCIENCE WORKED EXAMPLE DALAM KONTEKS KEARIFAN LOKAL WONOSOBO (KAJIAN TEORI)

  • Nugroho Prasetya Adi Universitas Sains Al-Qur'an
  • Zhul Fahmy Hasani Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords:
Science Literation, Science Worked Example, Wonosobo Local Wisdom

Abstract

Globalisasi dan pasar bebas dunia yang semakin berkembang menuntut suatu kemampuan yang harus dikuasai oleh generasi muda. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki adalah keterampilan literasi, dimana kemampuan ini akan membentuk pengetahuan generasi muda Indonesia dalam menghadapi era globalisasi. Dampak positif penguasaan keterampilan literasi di era milenial atau yang disebut dengan era 4.0 akan memudahkan seseorang untuk bertahan dalam menghadapi perkembangan yang semakin pesat. Namun, kemampuan literasi masyarakat Indonesia masih dalam kategori rendah. Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara peserta berdasarkan Studi Most Littered Nation In The World 2016. Bagian dari kemampuan literasi adalah literasi sains yang dikenal dengan literasi pengetahuan. Sama halnya dengan kemampuan literasi masyarakat Indonesia yang masih rendah, kemampuan literasi sains siswa Indonesia juga termasuk dalam kategori memprihatinkan. Kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih dalam kategori rendah, dimana Indonesia menempati posisi ke-62 dari 70 negara peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia saat ini sedang mengalami krisis budaya, dimana generasi muda lebih mencintai budaya asing daripada budaya asli sendiri. Untuk itu peneliti ingin mengembangkan Science Worked Example (SWE) dalam konteks kearifan lokal Wonosobo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atkinson, R. K., Derry, S. J., Renkl, A., & Wortham, D. W. (2000). Learning from Examples: Instructional Principles from the Worked Emaples Research. Review of Educational Research.
Hartanto, A. (2018). Making Indonesia 4.0. Jakarta (online).
http://www.kemenprin.go.id/download/18384.
Juniati, N., Jufri, W., & Yamin, M. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pijar MIPA, Vol 15 (4). 315-319.
Kanhadilok, Peeranut., & Watts, Mike. (2013). Western Science and Local Thai Wisdom: Using Museum Toys to Develop Bi-Gnosis. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, Vol (13) No (1), 33-48, DOI: 10.1080/14926156.2013.758330.
Latip, A. & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA, Vol 15 (1). 444-452.
Lestiyanawati, R. & Adi, N. P. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Sistem Pembelajaran Online Siswa SD di Masa Pandemi Covid 19 (Analisis Validitas dan Reliabilitas Instrumen). Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, Vol 7 (1). 275-279.
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol 3 (1). 61-69.
Nurjanah, A., Sudin, A. & Sujana, A. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (Penelitian Pre-experimental terhadap Siswa Kelompok atas, tengah, dan bawah SDN Waringin II dan SDN Palasah I di Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka pada Materi Energi Panas). Jurnal Pena Ilmiah, Vol 2 (1). 581-590.
PISA. (2015). PISA 2015 Results In Focus. OECD. Dapat diakses di www.OECD.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, Vol 6 (3). 433-440.
Santoso, S. (2003). Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS Versi 11.5. Jakarta: PT. Gramedia.
Silvana, H. & Cecep. (2019). Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol 2 (1). 146-156
Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., Mashitoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi Pada Era 4.0. Jurnal Literasi, Vol 4 (1). 58-66
Suwardana, D. (2020). Literasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Edutama, Vol 7 (1). 48-60.
Sweller, J. (2006). The Worked Example Effect and Human Cognitive. Learning and Instruction Journal, Vol 16 (2). 165-169.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Eric Inc.
Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, A. (2013). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora
Widodo, Johannes. (2012). Urban Environment and Human Behaviour: Learning from History and Local Wisdom. Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol 42. 6 – 11
Wagiran. (2011). Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020 (Tahun Kedua). Jurnal Penelitian dan Pengembangan, Vol (3), 85-100.
Zulyusri, Sumarmin, R., & Miswati. (2017). Pengembangan Soal Biologi Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SMA Kelas X Semester 1. Bioeducation Jurnal, Vol 1 (1). 88-94.
Published
2023-01-03
How to Cite
AdiN., & HasaniZ. (2023, January 3). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK MELALUI PENGEMBANGAN SCIENCE WORKED EXAMPLE DALAM KONTEKS KEARIFAN LOKAL WONOSOBO (KAJIAN TEORI). AL-QALAM: JURNAL ILMU KEPENDIDIKAN, 23(2), 69-74. https://doi.org/https://doi.org/10.32699/al-qalam.v23i2.4214

STATISTICS

Abstract viewed = 198 times
.pdf downloaded = 180 times