PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING ART AND MATHEMATICS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Model Pembelajaran, STEAM, Hasil Belajar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran STEAM dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran STEAM pada pembelajaran tematik, 3) mengetahui peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian, kuantitatif denganĀ menggunakan metode eksperimen dan desain penelitian one group pretest postest design.Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes soal pilihan ganda dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar (pretest) sebesar 50, 46875 dengan kategori rendah, sedangkan nilai rata-rata hasil (posttest) sebesar 81,71875 dengan kategori baik karena mengalami kenaikan. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis diperoleh t hitung = 7,735 dan t tabel = 2, 040 dengan taraf signifikan 5%. Karena (t hitung 7,735 > t table 2,040) serta adanya peningkatan pada hasil uji gain dengan ketegori sedang sebesar 0,63.
Downloads
References
Jelantik, K. (2019). Dinamika Pendidikan dan Era Revolusi Industri 4.0. Sleman: CV Budi Utama.
Muis, A. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.
Trianto. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum. Depok: Kencana.
Suharsini Arikunto. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Zainal Arifin (2014) Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sanapiah, F. (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Nana Syaodih Sukamadinata. (2012) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.