ANALISIS KUAT TEKAN BETON DENGAN PENAMBAHAN SERAT DARI PELEPAH PISANG

PENAMBAHAN SERAT PELEPAH PISANG

  • mistam mistam unsiq

Abstract

ABSTRAK

 

Seiring dengan bertambahnya kebutuhan fasilitas dibidang Infrastruktur, berbagai kalangan berupaya untuk menemukan teknologi dan terobosan baik berupa bentuk bangunan atau struktur bangunan maupun bahan banguan secara tepat, cepat dan ekonomis. Beton merupakan konstruksi yang sering dipakai dalam suatu bangunan sehingga pengembangan dan inovasi perlu terus ditingkatkan agar sejalan dengan kemajuan dibidang Infrastuktur. Salah satu inovasi tersebut adalah dengan menambah serat dari pelepah pisang.

 

Fungsi serat pada beton untuk mencegah retak-retak dan pengaruh terhadap cuaca ini, iklim dan temperature yang biasanya terjadi pada beton dengan permukaan yang lurus.  

 

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kuat tekan beton dengan penambahan serat dari pelepah pisang yang dikeringkan untuk  mutu beton K250, dengan menggunakan variasi persentase penambahan  0,25%, 0,50%, 0,75%, dan 1,0%.

 

Setelah dilakukan penelitian dan pengujian terhadap sampel beton dengan menambahkan serat pelepah pisang terhadap mutu beton K250, diperoleh hasil penurunan  pada kuat tekan beton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tjokrodimulyo, K, 1996, Bahan Bangunan, Buku Ajar Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta.
Nawy, G. Edward. (1998). Beton Bertulang: suatu pendekatann dasar.
YLD Adianto, TB Joewono - Civil Engineering Dimension, 2006 - ced.petra.ac.id
S Sahrudin, N Nadia - Konstruksia, 2016 - jurnal.umj.ac.id
Fathoni, Abdurrahman, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/rekayasa-teknik- sipil/article/view/26395
Murdock, L. J., dan Brook, K. M., 1991, Bahan Dan Praktek Beton, Erlangga, Jakarta.
Neville, Adam. (1981). Properties of Concrete 3rd edition. Michigan: Pitman Pub. Nugraha, Paul & Antoni. (2007). TEKNOLOGI BETON dari Material, Pembuatan, ke beton Kinerja Tinggi. Yogyakarta: C.V. Andi Offset (Penerbit ANDI).
A Widodo, MA Basith - Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 2017 - journal.unnes.ac.id
WIDYA MUDYANTINI (2008). Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta 57126. Pertumbuhan, Kandungan Selulosa, dan Lignin pada Rami (Boehmeria nivea L. Gaudich) dengan Pemberian Asam Giberelat (GA3).
Published
2022-03-31
How to Cite
mistam mistam. (2022, March 31). ANALISIS KUAT TEKAN BETON DENGAN PENAMBAHAN SERAT DARI PELEPAH PISANG. Teras, 12(1), 39-46. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/3120
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 90 times
PDF downloaded = 38 times