EVALUASI KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN PURWOREJO - MAGELANG DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA UNTUK DILAKUKAN PERENCANAAN PERBAIKAN

  • Ahmad Ihsan Triyanto UNIVERSITAS SAINS AL QUR'AN (UNSIQ)

Abstract

ABSTRAK

Kondisi jalan yang baik akan memudahkan pengguna jalan dalam hubungan perekonomian dan kegiatan sosial lainnya. Jika terjadi kerusakan jalan akan berakibat buruk, bukan hanya terhalangnya kegiatan ekonomi dan sosial, pada utamanya menjadi penyebab resiko kecelakaan yang tinggi, seperti yang terjadi pada jalan Purworejo-Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi jalan Purworejo-Magelang dan bagaimana penanganan terhadap kerusakan jalan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode (PCI) dan Bina marga. Kerusakan yang terjadi yaitu rusak retak, lubang, alur, amblas, pelepasan bulir, agregat licin dan sungkur, diperoleh hasil rata-rata nilai PCI 55,5 termasuk dalam kondisi jalan Sedang. Berdasarkan metode bina marga didapat Urutan prioritas 4, yang mana 4– 6, menandakan jalan perlu dimasukkan dalam program pemeliharaan berkala (Overlay) dan dilakukan perbaikan pada titik kerusakan tertentu sebelum dilakukan overlay. Dari hasil perhitungan lapis tambah (overlay) didapatkan tebal lapis untuk UR 10 tahun sebesar  8,5 cm sedangkan tebal lapis untuk UR 20 tahun sebesar 12,5 cm.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wibowo, Dikki (2021). Analisa Kerusakan Jalan Purworejo (Pringapus – Sapuran) Menggunakan Metode Pci, Rci Dan Bina marga. Wonosobo. Tugas Akhir, Universitas Sains Al Qur’an, Wonosobo.
Handoyo, Hermawan Adi. (2016). Analisis Kerusakan Jalan Perkotaan Menggunakan Metode Binamarga. Purworejo. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.
Rondi, Mochamad (2016). “Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Margadan Metode Pci (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya.
Novita, Dira (2021). Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Dan Pci Serta Perencanaan Pelebaran Jalan (Studi Kasus Jalan Purworejoruas Jalan Sapuran – Kepil). Wonosobo. Skripsi, Universitas Sains Al Qur’an, Wonosobo.
Google Maps. 2022. Direction to Jalan Magelang (Loano – Bener).
Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bina Marga tahun 2021.
https://123dok.com/document/qmvox8wq-analisis-perhitungan-perkerasan-menggunakan-metode-aashto-magelang-purworejo.html.
Published
2021-09-30
How to Cite
TriyantoA. (2021, September 30). EVALUASI KERUSAKAN JALAN PADA RUAS JALAN PURWOREJO - MAGELANG DENGAN METODE PCI DAN BINA MARGA UNTUK DILAKUKAN PERENCANAAN PERBAIKAN. Teras, 11(3). Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/3070
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 223 times
PDF downloaded = 142 times