ANALISA PENGELOLAAN DAN PENGARUH PARKIR BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DI WONOSOBO

  • Arfi Primania Rizky Universitas Sains Al-Quran
Keywords:
kinerja jalan, pengoptimalan, parkir

Abstract

Kehidupan sebuah kota tidak lepas dari sarana dan prasarana layanan publik sebagai pendukung kebutuhan masyarakat. Pertumbuhan yang pesat dari sebuah populasi perkotaan berdampak pula pada pertumbuhan kendaraan yang berpotensi menimbulkan persoalan besar pada manajemen transportasi seperti halnya kebutuhan parkir. Kegiatan parkir badan jalan menyebabkan aktifitas lalu lintas di sekitar pusat kota bertambah dan sering terjadi kemacetan dikarenakan banyak kendaraan yang parkir disekitar pasar maupun  perbelanjaan di sekitar ruas jalan utama seperti ruas Jl. Ahmad Yani ,Jl. Angkatan 45, dan Jl. Veteran.

Data yang digunakan adalah data primer yang meliputi; survey langsung lapangan yaitu, data kuisioner dan data pengukuran luas ruang parkir. Data sekunder meliputi, data anlisa kinerja jalan perkotaan rekaya lalulintas th 2017, data Perda Kabupaten wonosobo dan kondisi ruas jalan penelitian.

Berdasarkan hasil  analisa bahwa kinerja  ruas jalan  Ahmad Yani pos 1 untuk kondisi dengan parkir berdasarkan nilai derajat kejenuhan  ≤0,77 yaitu 0,61 didapat ITP tipe C dengan pengoptimalan  tanpa parkir derajat kejenuhan 0,47 yaitu ≤ 0,54 ITP tipe B.  Jl. Ahmad Yani pos 2 kondisi dengan parkir nilai derajat kejenuhan ≥ 1 yaitu 1,25 maka didapat indeks parkir tingkat pelayanan tipe F,  untuk ruas Jl Angkattan 45 kondisi dengan parkir berdasarkan nilai  derajat kejenuhan  ≤0,54 yaitu 0,47 didapat indeks tingkat pelayanan tipe B dengan pengoptimalan tana parkir derajat kejenuhan 0,29 yaitu ≤ 0,35 ITP tipe A. Dan untuk ruas Jl. Veteran untuk kondisi dengan parkir nilai derajat kejenuhan ≥ 1 yaitu 1,25 maka didapat indeks parkir tingkat pelayanan tipe F dengan pengoptimalan tanpa parkir deajat kejenuhan 0,35 yaitu ≤ 0,35 ITP tipe A. Berdasarkan hasil kuisioner bahwa karakteristik pengguna parkir menunjukan sebagian besar perempuan, dengan prosentase tertinggi 56%, dari segi usia yaitu berumur 21 – 30 th dengan prosentase tertinggi 38%, dari asal pengguna parkir lebih banyak berasal dari kertek  dengan prosentase 30%, dan dari intesitas seringnya parkir yaitu 2x seminggu dengan prosentase 40%. Parkir di ruas jalan ini menurut statusnya yaitu parkir umum yang diselengarakan oleh Pemerintah yang di atur dalam UU no 14 th 2010, dan untuk perturan parkir badan jalan diatur dalam Peraturan Daerah Wonosobo No 38 Th 2011 dan untuk retribusi parkir di atur dalam No 14 Th 2010 dalam Peraturan Daerah kabupaten Wonosobo. Kebijakan Pemerintah guna memenuhi kebutuhan ruang parkir nyatanya tidak seimbang dengan tanggapan masyarakat yang tidak setuju, ini dilihat dari tanggpan responden 56% menjawab tidak setuju dengan adanya parkir badan jalan.

Upaya untuk meningkatkan kinerja jalan dan fungsi jalan maka parkir badan jalan di relokasikan ke pasar induk Wonosobo dengan luas tanah 9,727,5146m² yang bisa menampung luas parkir badan jalan saat ini yaitu 6.461,99 m² dan relokasi kedua yaitu di Rita Pasaraya dengan luas 1764 m².

Downloads

Download data is not yet available.

References

https://id.wikipedia.org/wiki/parkir
Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : 272/HK.105/DRJD/96 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir.
MKJI 1997
Noperiayadi .2017. Tata Ulang Lahan Parkir Pada Jalan Kalimantan Kota. Ta Teknik sipil. Universitas Sriwijaya
Pedoman Teknis , Direktorat Jendral Perhubungan Darat ,1996
Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2010 Tentang Retribusi Parkir
Peraturan Daerah Nomor 38 Tahun 2011 Tentang Parkir Badan Jalan
Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 1992 Tentang Penyelenggaraan Parkir
Purwanti .2017. Analisa kinerja ruas jalan Veteran . Laporan Tugas Rekayasa Lalu lintas Jalan Perkotaan Teknik sipil. Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah DI Wonosobo
Setyadi .2017. Analisa kinerja ruas jalan Ahamad Yani . Laporan Tugas Rekayasa Lalu lintas Jalan Perkotaan Teknik sipil. Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah DI Wonosobo
Tamin dan nahdalina.2000.pedoman perencanaa dan pemodelan transpotasi.
Tomi .2017. Analisa kinerja ruas jalan Angkatan 45 . Laporan Tugas Rekayasa Lalu lintas Jalan Perkotaan Teknik sipil. Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah DI Wonosobo.
Published
2019-03-31
How to Cite
RizkyA. P. (2019, March 31). ANALISA PENGELOLAAN DAN PENGARUH PARKIR BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DI WONOSOBO. Teras, 9(1), 42-50. Retrieved from https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2080
Section
Articles

STATISTICS

Abstract viewed = 171 times
PDF downloaded = 110 times