Implementasi Prinsip Syariah dalam Marketplace Berbasis Fatwa DSN-MUI di Indonesia

  • Delia Devana Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo
  • Anwar Ma’rufi Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo
  • Achmad Nursobah Institut Agama Islam An-Nawawi Purworejo
Keywords: Marketplace Syariah, Fatwa DSN MUI, Implementasi Syariah, Akad Jual Beli

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan prinsip-prinsip syariah dalam operasional marketplace di Indonesia, merujuk pada Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 144/DSN-MUI/XII/2021. Masalah yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah bagaimana prinsip-prinsip syariah diterapkan dalam marketplace berdasarkan ketentuan fatwa tersebut. Penelitian bertujuan untuk menganalisis implementasi prinsip-prinsip syariah dalam aktivitas jual beli di platform marketplace, khususnya terkait larangan riba, gharar (ketidakpastian), maysir (spekulasi), dan keharusan adanya akad yang sah. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research). Data dikumpulkan melalui analisis dokumen fatwa, jurnal ilmiah, dan artikel terkait. Teori yang digunakan merujuk pada ketentuan-ketentuan hukum ekonomi syariah yang ditetapkan oleh DSN-MUI sebagai landasan normatif dalam mengkaji fenomena jual beli di marketplace. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketplace syariah harus memenuhi prinsip-prinsip syariah, serta kewajiban menyediakan akad yang sah sesuai hukum Islam. Implementasi fatwa ini bertujuan untuk memastikan bahwa transaksi di marketplace sesuai dengan nilai-nilai keadilan, transparansi, dan kejujuran dalam Islam, serta memberikan perlindungan bagi konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yuni, S. G., & Chusumastuti, D. (2021). Pengaruh User Interface aplikasi Shopee terhadap minat beli masyarakat. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 45–54.
Abubakar, A., Basri, H., & Rifa'i, M. A. F. (2024). Konsep Hutang Piutang dalam Ekonomi Islam: Kajian Qs. Al-Baqarah Ayat 282 dalam Perspektif Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim Karya Ibnu Katsir. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(1), 208–224.
Alamudi, I. A., & Hasan, A. (2023). Kedudukan Fatwa Dsn Dalam Tata Hukum Nasional. Mitsaqan Ghalizan, 3(2), 11–31. https://doi.org/10.33084/mg.v3i2.6317
Alexandra, A. S. (2024). Pencatatan Transaksi Keuangan Pt Atakrib Grup Divisi Keuangan Ringkasan Laporan Magang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta.
Amalia Adnan, A., Alrasyid, H., & Fauzi Kartika Sari, A. (2023). Analisis Akad Jual Beli Online Pada Aplikasi Shopee Perspektif Fatwa Dsn-Mui. Islamic Economic and Finance Journal, 4(1), 136–137.
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136.
Dianari, R. G. F. (2018). Pengaruh e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia. Bina Ekonomi, 22(1), 43–62.
DSN-MUI. (2021). Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No: 144/DSN-MUI/XII/2021 tentang Marketplace Berdasarkan Prinsip Syariah. Dsn-Mui, 021, 1–15.
Febryanti, M. P. (2003). Pengaruh Word of Mouth (WOM), Digital Marketing dan Trust terhadap keputusan pembelian Reseller Social Commerce di Evermos. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Fitriyana, F., Nuryani, A., Rosyati, T., & Gusvia, Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Pada Umkm Dalam Masa Covid-19. Dedikasi Pkm, 2(2), 206–2011.
Jannah, Q. (2021). Transaksi e-Commerce pada Marketplace Tokopedia dalam Perspektif Fatwa DSN-MUI Nomor 110/DSN-MUI/IX/2017 tentang Akad Jual Beli. 55.
Karim, H. A. A. (2001). Ekonomi Islam: suatu kajian temporer. Gema Insani.
Lesmono, B., & Sudiarti, S. (2021). Tafsir Potongan Ayat Pertama Pada Surat Al-Maidah. Mubeza, 11(1), 30–34.
Lisnawati, T. (2023). Analisis implementasi fatwa DSN-MUI no: 144/DSN-MUI/XII/2021 tentang Marketplace berdasarkan prinsip Syariah: Studi Shopee Barokah pada Marketplace Shopee. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Maksum, M. (n.d.). TINJAUAN FATWA DSN MUI NO. 144/DSN-MUI/XII/2021 TENTANG MARKETPLACE BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH TERHADAP APLIKASI BUKALAPAK. Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Malik, A. (2021). Perspektif Tafsir Konteks Aktual Ekonomi Qur'ani dalam QS al-Nisa'/4: 29. Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 39–56.
Nugroho, R., & Nurhayati, E. (2025). E-Commerce and Ethical Business Practices: The Role of DSN-MUI Fatwa. Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 14(1), 67–89.
Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 92–108.
Pradana, M. (2015). Klasifikasi bisnis e-commerce di Indonesia. Modus, 27(2), 163–174.
Raintung, R. F. (2022). TINJAUAN HUKUM PERSAINGAN USAHA DALAM PENCEGAHAN PRAKTIK JUAL RUGI PADA PERDAGANGAN MARKETPLACE= BUSINESS LAW REVIEW IN PREVENTION OF PREDATORY PRICING IN MARKETPLACE TRADING. Universitas Hasanuddin.
Sudarta. (2022). AKUN INSTAGRAM @BARKASTAS_MALANG) (Vol. 16, Issue 1). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.
Yazid, A. A. (2023). Transaksi marketpalace dalam sudut pandang ekonomi islam. 14(1), 39–49.
Published
2025-05-01
How to Cite
DevanaD., Ma’rufiA. and NursobahA. (2025) “Implementasi Prinsip Syariah dalam Marketplace Berbasis Fatwa DSN-MUI di Indonesia”, Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 11(1), pp. 13 - 24. doi: https://doi.org/10.32699/syariati.v11i1.8005.